Cara Membersihkan Panci Gosong yang Paling Ampuh, Cepat dan Mudah

Kondisi peralatan rumah tangga yang selalu bersih setiap harinya pasti membuat para ibu rumah tangga juga lebih semangat untuk menyiapkan segala jenis makanan untuk keluarga. Tetapi jika Anda mengalami kondisi panci yang gosong tentu dilihat pun tidak membuat nyaman apalagi digunakan untuk membuat masakan. Maka dari itu pentingnya para ibu mengetahui tips dan trik cara membersihkan panci yang gosong. Apalagi Anda mempunyai panci, wajan dan perabot lainnya dengan jumlah yang tidak banyak dan gosong, akan membuat dapur terlihat semakin kotor.

Jika dilihat sebenarnya kondisi panci dan wajan yang gosong itu sudah menjadi wajar, apalagi jika Anda sering menggunakannya setiap hari. Ditambah lagi dengan kesibukan Anda lainnya yang tidak jarang melakukan kecerobohan seperti meninggalkan masakan sampai gosong, kering, menempel dan lainnya. Nah, berikut ini akan dibagikan kepada Anda bagaimana membersihkan panci dengan kondisi yang seperti itu:

  • Menggunakan air panas dan sabun.

Untuk trik pertama adalah Anda bisa menggunakan air panas terlebih dahulu untuk merendam kerak yang membandel. Setelah itu barulah Anda menggosoknya pada bagian gosong dengan menggunakan sabun cuci piring. Hasil akan lebih maksimal jika Anda menggunakan air panas, dan wajan lebih lembab sehingga mudah untuk dibersihkan. Selain itu Anda bisa memilih sabun pencuci piring yang tepat seperti Sunlight yang telah terbukti ampuh mengangkat berbagai kotoran membandel.

  • Memanfaatkan cuka.

Cara kedua dengan memanfaatkan kandungan asam asetat dari cuka yang terbukti ampuh mengangkat kotoran atau bekas gosong di panci Anda. Pertama Anda siram cuka pada bagian yang akan dibersihkan, setelah itu biarkan terlebih dahulu sampai dengan cuka bekerja. Terakhir Anda bisa menggosoknya dengan menggunakan spon dan juga alat pencuci piring dari tembaga yang sering dijumpai di toko perkakas.

  • Baking soda dan air.

Para ibu rumah tangga tentu tidak asing dengan bahan makanan seperti baking soda, tidak banyak yang mengetahui bahwa ada tips membersihkan panci dengan memanfaatkan baking soda. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal campurkan baking soda dengan air dan siram pada bagian yang gosong. Diamkan sebentar sebelum Anda menggosoknya seperti biasa.

  • Menggunakan minyak sayur.

Selanjutnya para ibu dirumah juga bisa menggunakan minyak sayur sebagai penghilang gosong pada bagian pantat panci atau wajan. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menyiramkan sedikit minyak secara merata dan tunggu dalam beberapa jam supaya kotoran terlunakkan oleh minyak. Setelah itu barulah bersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring dan spon.

  • Menggunakan abu gosok.

Dapat dikatakan ini merupakan cara paling tradisional dalam membersihkan segala kotoran membandel pada berbagai perabot rumah tangga Anda. Hanya dengan mencampurkan abu gosok dengan air dan sabun pencuci piring sehingga membentuk seperti adonan yang kemudian digunakan untuk menggosok bagian yang kotor tersebut. Cara ini terbukti efektif, apalagi jika Anda melakukannya setelah setiap kali panci atau wajan digunakan untuk memasak.

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda untuk mengatasi berbagai masalah pengangkatan kotoran pada perabot rumah tangga. Dan yang paling penting adalah selalu menyiapkan sabun pencuci piring ampuh mengangkat berbagai kotoran ataupun gosong yang membuat kondisi panci tidak terlihat bersih kembali.

Sunlight bisa menjadi pilihan Anda untuk mempermudah cara membersihkan panci dengan berbagai jenis kotoran. Tersedia dengan berbagai jenis aroma yang dapat membuat perabot rumah tangga Anda tidak hanya bersih bersinar tetapi juga wangi segar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *