Kuliner Khas Sidoarjo

Kuliner Khas Sidoarjo ini Pasti Bikin Anda Penasaran

Kuliner Khas Sidoarjo – Mendengar kata Sidoarjo, yang pertama kali terpikirkan oleh benak kita yaitu lumpur lapindo yang sangat fenomenal di Indonesia. Bisa dikatakan juga, bahwa lumpur lapindo menjadikan ikon tersendiri bagi kota Sidoarjo ini. Berkunjung ke kota udang ini, belum lengkap rasanya jika belum menikmati kuliner khas nya. Makanannya yang khas bisa digunakan sebagai hidangan ketika anda mengunjunginya, atau bisa juga anda gunakan sebagai oleh – oleh untuk keluarga dirumah. Makanan di Sidoarjo juga bisa dikatakan memiliki rasa yang khas, cukup unik dan tentunya lezat yang membuat banyak orang penasaran. Apa saja sih kira – kira? Ini dia kuliner khas Sidoarjo yang bisa membuat anda penasaran dan ingin segera mencobanya :

  1. Lontong kupang

Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar lontong dan kupang yang ditambahkan lentho dan siraman kuah kupang. Kupang merupakan sejenis kerang laut yang bentuknya sangat kecil dan warnanya putih. Sedangkan lentho merupakan sejenis olahan yang terbuat dari kacang telo yang kemudian digoreng dan bentuk umumnya oval. Lontong kupang disajikan dengan menggunakan petis yang menambah sensasi manis gurih tersendiri. Lebih nikmat lagi jika anda menikmati lontong kupang ditemani dengan sate kerang dan es degan. Hmm, rasanya pasti mantap.

  1. Bandeng asap

Bandeng asap juga merupakan ikon kuliner khas kota Sidoarjo yang banyak diburu wisatawan sebagai oleh – oleh khas daerah ini. Sesuai dengan namanya, bandeng isi dimasak dengan cara diasap yang memakan waktu yang cukup lama. Tentu hal ini pastinya menambah cita rasa unik dan khas tersediri. Jangan lupa membelinya ketika anda sedang berkunjung ke Sidoarjo.

  1. Bandeng presto

Sidoarjo bisa dikatakan daerah penghasil ikan bandeng. Oleh karena itu, ikan bandengnya yang sangat melimpah dan dijadikan inovasi makanan khas daerah ini. Bandeng presto dibuat dengan cara di presto yang rasanya khas dan dicintai banyak orang. Bisa dikatakan jika bandeng presto ini merupakan olahan bandeng tanpa duri, dikarenakan ketika dipresto duri yang ada didalamnya menjadi lunak. Lebih nikmat lagi jika anda menikmatinya dengan nasi hangat dan ditemani sambal yang pedas. hmm pastinya lezat.

Itu tadi 3 kuliner khas Sidoarjo yang membuat anda penasaran. Umumnya, makanan khas daerah ini terbuat dari laut dikarenakan letak daerah ini berada di pesisir. Sidoarjo juga terkenal akan petis nya yang terbuat dari sisa perebusan ikan dan ditambahkan gula merah yang bentuknya seperti saus yang kental dan rasanya yang manis. Petis biasanya dijadikan sebagai tambahan pada lontong kupang dan aneka gorengan. Jangan lupa menikmati makanan khas Surabaya ketika anda sedang berada dikota yang dijuluki sebagai kota udang ini. Kota udang ini memiliki kuliner khas dan menyehatkan. Selamat mencoba dan terima kasih.

Sumber : https://www.royco.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *