kuliner khas jogja

Kuliner Khas Jogja Yang Legendaris

Kuliner Khas Jogja – Selain Bali, destinasi wisata Indonesia yang juga terkenal dimata dunia adalah Jogja. Wisata Jogja yang paling terkenal diantaranya candi borobudur, candi prambanan, pantai parang tritis, goa pindul dan lain sebagainya. Tak hanya destinasi wisatanya yang banyak, Jogjakarta juga mempunyai kuliner andalan yang paling legendaris dan banyak dikagumi pengunjung. Pengunjung juga merasa betah ketika menginap di Jogja dikarenakan orangnya yang terkenal ramah dan makanannya yang cocok bagi semua lidah orang Indonesia. Makanan legendaris khas Jogja juga bisa membantu pengembangan citra kuliner nusantara. Lantas, apa saja makanan legendaris khas Jogja yang sangat terkenal? Ini dia diantaranya :

  1. Gudeg

Gudeg memang merupakan makanan andalan khas Jogja. Makanan ini kaya akan cita rasa yang enak dan gurih sekaligus lezat. Salah satu gudeg yang terkenal adalah gudeg yu djum yang sudah ada beberapa puluh tahun yang lalu. Meskipun begitu, rasanya tetap sama dan tidak berubah dikarenakan resep andalan turun temurun dijaga baik oleh anak cucunya. Harga gudeg ini juga sangat terjangkau, yakni hanya sekitar Rp. 25000 hingga Rp. 30000 untuk satu porsi.

  1. Sate klatak

Kuliner sate klatak ini berbeda dari yang lainnya, dikarenakan menggunakan tusuk berupa jeruji sepeda bukan dari bambu. Daging yang digunakan juga sama yaitu daging ayam dan daging kambing. Sate klatak pak pong yang ada di Bantul memang sangat rame pengunjungnya, ini mungkin dikarenakan rasanya yang khas dan berbeda dari yang lain. Harganya pun relatif terjangkau, hanya sekitar Rp. 15000 anda sudah bisa menikmati satu porsi makanan lezat ini. Makanan ini juga paling legendaris di Jogja dan banyak peminatnya.

  1. Lumpia

Lumpia termasuk dalam jajanan khas Jogja yang legendaris di kawasan Malioboro. Rasanya yang apas dan lezat membuat banyak wisatawan menyukai makanan ini. Rasa yang ada didalamnya pun beraneka seperti ayam, telur puyuh, dan lain sebagainya. Harga lumpia ini juga tidak menguras kantong, hanya tidak sampai 5000 rupiah untuk satu buahnya. Lebih nikmat lagi jika anda memakan makanan ini selagi hangat dan ditemani sambal ataupun cabai.

  1. Sate kuda

Sate kuda tidak jauh beda rasanya jika dibandingkan dengan sate sapi. Yakni aroma dagingnya yang gurih dan empuk menjadikan kuliner ini banyak diburu wisatawan. Banyak yang mempercayai bahwa sate ini mampu meningkatkan kejantanan pria. Lebih nikmat lagi jika anda menikmati makanan ini ditemani lalapan seperti tomat, bawang merah dan mentimun sebagai pelengkapnya. Rasa bumbu dari sate ini juga khas dan beraroma rempah yang kuat, yang menjadikan makanan ini legend khusunya di daerah Sleman Jogja. Jangan lewatkan makanan ini ketika anda sedang berada di Jogja khusunya daerah Sleman. Demikian informasi yang bisa penulis bagikan, semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.royco.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *