Category: The souvenir

hadiah natal

Oleh-Oleh Khas Bandung sebagai Hadiah Natal

hadiah natal

hadiah natal

Bulan apakah ini?? November, hari akan berganti hari, waktu akan berlalu dan kita mendekati Bulan Desember. Ada apa di Bulan Desember? Wah … pada bulan ini, tepatnya tanggal 25 Desember, umat kristiani dan katolik merayakan hari raya mereka, yaitu Hari Natal. Lalu ada apa di Hari Natal? Banyak sekali yang bisa kita temui sebagai karakteristik Hari Natal. Ada pohon natal yang digambarkan sebagai pohon pinus penuh hiasan kelap kelip dan gantungan berwarna-warni, ada Santa Clause atau Sinter Klas, dan yang paling penting terdapat banyak hadiah.  Inilah yang sangat ditunggu oleh anak-anak yang merayakan natal.

Lalu bila anda sedang berada di Bandung, dimana anda bisa mencari kado natal? Mudah sekali, mendekati perayaan hari natal, terdapat tiga factory outlet yang buka di Bandung. Diaman tempatnya? Factory Outlet di bandung untuk membeli kado natal berada di Jalan Riau, Jalan Cihampelas, dan Jalan Dago. Tempat-tempat tersebut sangat indah, sehingga selain sering dituju untuk berwisata belanja, juga dikenal sebagai tempat gaul atau tempat main anak Bandung terutama yang masih muda.

Oleh-oleh khas Bandung apa saja sih yang bisa dijadikan hadiah Natal? Banyak macamnya, jadi anda tidak perlu khawatir. Suasana Natal yang diidam-idamkan biasanya yang bernuansa Eropa dan kebarat-baratan sehingga fashion khas Negara-negara tersebut bisa juga dijadikan sebagai inspirasi hadiah natal. Dimana anda bisa mendapatkan fashion unik khas bandung berkarakter internasional yang dijadikan kado natal? Anda bisa menemukannya di sepanjang Jalan Riau. Di Factory outlet daerah ini, Anda akan melihat banyak bangunan unik, seperti bangunan bergaya Eropa, disini dijual berbagai macam fashion anak muda zaman sekarang.

Kemudian untuk siapa hadiah natal akan anda persembahkan? Bila untuk kekasih anda , yaitu seorang pria, anda akan menemukan oleh-oleh khas Bandung sebagai hadiah natal di  Jalan Riau juga. Fashion tentu tidak akan lengkap tanpa aksesoris,  produk khusus untuk pria, produk unik lainnya dapat dijadikan sebagai kado natal juga. Factory outlet kedua untuk natal di Bandung, ada di Jalan Dago. Berbeda Suasana di jalan Dago berbeda jauh dengan jalan Riau. Di Jalan Dago banyak ditumbuhi tanaman-tanaman besar dan hijau yang sehingga lebih rindang dan nyaman untuk dikunjungi. Banyak sekali benda yang dijual disana. Untuk hiasan-hiasan Natal, kue khas bandung dapat juga dijadikan sebagai hadiah natal, sebagai wujud perhatian anda pada orang-orang terkasih di hari istimewa.

Kemudian hadiah menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh buah hati anda yang masih polos. Apa ya yang cocok? Bisa saja anda memberikan hadiah yang mengandung karakter kartun kesukaan si buah hati, wah pasti akan menjadi hadiah yang sangat menarik. Diaman anda bisa mendapatkannya? Sebaiknya anda menuju Jalan Cihampelas. Saat anda berjalan-jalan disini, anda akan menemukan beragam karakter dalam ukuran besar seperti Spiderman, Batman dan figur lainnya. Oleh karenanya,  Jalan Cihampelas terkenal dengan daerah dengan penjualan pakaian berbahan dasar jeans dan berbagai macam kaos. Masalah harga tidak perlu ditanya, sangat terjangkau. Banyak kaos ukuran anak-anak, banyak karakter yang disukai anak-anak jadi sangat cocok untuk mencari kado natal special untuk buah hati.

Masih banyak lagi oleh-oleh khas Bandung yang dapat dijadikan hadiah natal seperti kue natal, dan banyak lagi. silakan anda pilih sendiri, wisata kuliner bersama keluarga di bandung dan menghabiskan waktu bersama juga dapat menjadi salah satu hadiah natal terindah. Semua tergantung anda bagaimana membuat suasana natal menjadi lebih bermakna di Bandung.

Toko Roti Sidodadi

Kenikmatan Roti Sidodadi Khas Bandung

Toko Roti Sidodadi

Toko Roti Sidodadi

Kota Bandung memang identik dengan wisata, belanja, dan fashion. Namun, kota Bandung juga terkenal akan kuliner atau makanannya yang sangat mantap untuk diicip saat berkunjung, maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh Bandung. Salah satu jajanan yang banyak ditemui di Bandung adalah roti. Untuk menikmati salah satu roti khas Bandung yang nikmat, berkunjung ke Toko Roti Sidodadi pun dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Berlokasi di kawasan Jalan Otto Iskandar Dinata atau Otista, sekilas toko roti ini tidak terlihat seperti toko roti pada umumnya karena bangunannya yang mungil dan minimalis. Untuk menjangkau Toko Roti Sidodadi, Anda dapat menelusuri trotoar antara Jalan Kepatihan dan Jalan Dalem Kaum. Meskipun tokonya yang kecil dan terlihat sederhana, Toko Roti Sidodadi hampir tidak pernah sepi pembeli, yang tidak hanya datang dari Bandung.

Terdapat sekitar 30 macam jenis roti yang dipajang di dalam etalase toko ini. Roti yang disediakan Toko Roti Sidodadi memiliki beraneka macam rasa dan bentuk, tetapi tetap memiliki ciri khas yang sama. Berdiri di akhir tahun 1960, Toko Roti Sidodadi termasuk ke dalam salah satu kuliner ‘jadul’ Bandung, namun tetap mampu bertahan hingga sekarang. Adapun salah satu resep rahasianya, berawal dari memodifikasi roti Belanda yang bertekstur keras, menjadi roti yang lebih lembut dan cocok untuk lidah Indonesia.

Berbagai macam roti yang disediakan Toko Roti Sidodadi ini antara lain roti krenten atau roti kismis, roti cokelat, nanas, keju, srikaya, dan blueberry, juga roti jagung, smoked beef, roti sosis, roti kornet keju, roti tawar, dan roti lima rasa. Sedangkan salah satu roti yang paling populer adalah roti horn. Roti ini berbentuk seperti tanduk dan berisi fla susu di dalamnya. Selain itu juga terdapat beberapa macam roti ‘jadul’, seperti roti frans yang berbentuk kotak besar, dan roti bangket yang berwarna cokelat bertabur wijen di atasnya. Selain itu, tersedia pula roti buaya, yang biasa dipesan pembeli untuk acara hajatan.

Sebagai oleh-oleh Bandung, harga roti di Toko Roti Sidodadi bervariasi sesuai jenis rotinya, tetapi tetap terjangkau dan sebanding dengan kenikmatannya. Harga untuk roti manis satu rasa, berkisar antara Rp. 2.000 – Rp. 2.500 saja. Roti kornet keju dipatok sekitar Rp. 3.700, sedangkan roti lima rasa harganya Rp. 12.000. Untuk roti tawar hanya berkisar Rp. 5.000 – Rp. 7.000, sedangkan roti buaya dapat dipesan dengan harga Rp 75.000.

Salah satu keutamaan dan keistimewaan roti yang ditawarkan Toko Roti Sidodadi adalah roti yang bebas bahan pengawet, pewarna, pelembut, dan pengembang. Jika roti Sidodadi diremas, roti cenderung tidak mengecil karena tekstur rotinya yang padat. Meskipun

Toko Kue Bawean

Toko Kue Bawean

Toko Kue Bawean

Toko Kue Bawean

Toko Kue Bawean awalnya bernama Toko Kue Sweetheart. Tedja Kusmana adalah generasi pertama yang mendirikan toko kue ini pada tanggal 3 Juli 1946. Dan, di awal pembukaannya, Toko Kue Sweetheart dibuka di Jalan Sumatera nomor 2-5 Bandung. Kemudian pada tahun 1974, Toko Kue Sweetheart berpindah ke Jalan Bawean nomor 4, Bandung. Melalui Herdy Kusmana, sebagai generasi penerus, Toko Kue Sweetheart mengalami perkembangan dan juga perubahan mulai dari produk, manajemen dan pemasaran. Namun dalam hal cita rasa, toko kue ini tetap mempertahankannya seperti halnya pada Nougat Roll, Mocca Boomstam dan Mocca Taart yang masih tetap menjadi produk unggulan sejak generasi pertama walaupun harus berganti-ganti merk bahan baku karena sudah tidak beredar lagi di pasaran lagi.

Pada Tahun 1995, Toko Sweetheart merubah namanya menjadi Toko Kue Bawean sesuai dengan nama jalan dimana toko ini berada. Hal ini terjadi karena pada saat itu pemerintah melarang nama usaha menggunakan istilah asing. Toko kue Bawean memiliki ciri khas sendiri, yaitu kualitas produk yang tidak pernah berubah dan penampilan kuenya yang tidak begitu istimewa. Namun, karena penampilan produk-produk kue di toko ini kurang begitu menarik, maka justru Toko Kue Bawean tidak dapat ditiru oleh para pesaingnya.

Nougat Roll

Nougat Roll

Toko Kue Bawean pada saat ini adalah toko kue generasi ketiga sebagai penerus generasi pertama. Sejak awal didirikannya, Toko Kue Bawean selalu menyajikan kue-kue dengan resep khas Belanda seperti Nougat Roll, Kaas Roll (Keju Roll) dan Picnic Roll. Penggunaan rum yang terbuat dari sari ketan pada setiap pembuatan kuenya adalah ciri khas dari toko kue ini. Napi apabila Anda tidak menyukai penggunaan rum, Anda juga dapat memesan kue yang tidak menggunakan rum.

Dalam proses pembuatan kuenya, Toko Kue Bawean tidak menggunakan bahan instan dan juga bahan pengawet, sehingga tidak akan bertahan lama. Jadi, apabila Anda ingin membeli kue di Toko Kue Bawean sebagai oleh-oleh Bandung, sebaiknya Anda tanyakan dahulu kepada para staf yang ada di toko kue ini bagaimana daya tahan kue yang Anda beli, apakah rasanya masih enak dan kondisinya masih baik ketika sampai di rumah.

Tidak hanya cake saja, tetapi wafel, makanan ringan, dan kue kering juga tersedia di toko kue Bawean. Nougat Roll, bolu vanilla yang bertopping nougat adalah kue yang sangat cocok untuk menemani Anda saat minum teh dan kopi. Kue ini juga merupakan produk kue yang paling laris di toko ini.

Toko Kue Bawean pun membuka cabangnya di tempat lain, yaitu di Jalan R.E. Martadinata nomor 358-340 Bandung. Cabang di Jalan R.E. Martadinata ini cukup banyak diminati para pembeli. Toko Kue Bawean di Jalan R.E. Martadinata membuka tokonya lebih lama dibandingkan toko kue Bawean pusat di Jalan Bawean. Toko ini buka mulai jam 7 pagi sampai jam 8 malam dan jam 6 malam pada hari Minggu dan pada libur hari besar. Sedangkan Toko Kue Bawean pusat di Jalan Bawean buka setiap hari mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore dan jam 4 pada hari Minggu dan pada libur hari besar.

Kue-kue di Toko Kue Bawean ini dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh Bandung, apalagi jika Anda dan keluarga sangat menggemari kue atau bolu, karena di Toko Kue Bawean ini produk-produk kue yang disajikan dapat memuaskan Anda. Tapi jangan lupa, Anda tetap harus menanyakan mengenai ketahanan produk kue yang akan Anda beli dan yang akan Anda jadikan oleh-oleh, karena produk-produk kue di Toko Kue Bawean ini bahan pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet.