Category: Teknologi Industri

Berbagai Energi Teknologi Industri Terbarukan

Teknologi Industri Terbarukan

Berbagai Energi Teknologi Industri

Berbagai Energi Teknologi Industri Terbarukan

Indonesia adalah salah satu negeri yang memiliki banyak sumber energi yang dapat dimanfaatkan menjadi energi pembangkit listrik, tidak hanya berasal dari fosil energi yang dapat dimanfaatkan menajadi teknologi industri terbarukan juga banyak yang berasal dari alam yang belum banyak diolah oleh tangan manusia. Sumber yang berasal dari fosil merupakan sumber energi yang membutuhkan waktu lama untuk dapat diperbaharui. Oleh karena itu menghemat energi adalah salah satu gerakan yang banyak dikumandangkan saat ini.

Energi alternatif adalah salah satu solusi lainnya untuk menghemat energi dan menganti energi bahan fosil untuk teknologi industri terbarukan yang dapat digunakan oleh berbagai jenis industri di Indonesia. Jenis-jenis energi alternatif tersebut adalah:

  1. Jagung

Tanaman yang dikenal untuk dikonsumsi ini ternyata juga dapat menghasil energi yang bisa dimanfaatkan. Pada bagian tongkol jagung dapat diolah menjadi ethanol setelah itu dapat dimanfaatkan menjadi energi. Tongkol merupakan bagian yang sering tidak digunakan oleh petani sehingga bisa digunakan sebagai energi alternatif.

  1. Jarak pagar

Biji dari tanaman jarak juga dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif yang bila diolah dapat menjadi minyak campuran untuk solar. Pada dasarnya minyak dari tumbuh-tumbuhan dapat dijadikan campuran untuk solar, penambahan ini akan memberikan pembakaran yang sempurna sehingga lebih ramah lingkungan.

  1. Alga

Alga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bahan bakar diesel bila diproduksi dalam jumlah besar alga dapat menganti kebutuhan solar, sayangnya lahan pertumbuhan alga masih sedikit bahkan lebih kecil dibandingkan dengan lahan pertanian.

  1. Energi gelombang laut

Energi dari gelombang laut dapat dimanfaatkan untuk menjadi energi listrik. Walaupun menjadi salah satu potensi energi yang besar pemanfaatan gelombang laut masih sangat sedikit karena dampak yang diberikan pada ekosistem laut seperti menghambat penangkapan ikan serta berpengaruh terhadap bentang alami lingkungan laut.

Pemanfaatan energi teknologi industri terbarukan seefesien mungkin dan pengantian energi menjadi energi alternatif menjadi salah satu cara penghematan energi dan menjaga kelestarian lingkungan dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

Baca juga: Pembangunan Infrastruktur Di Indonesia Sebagai Pengembangan Pariwisata