Lebaran yang Identik dengan Ketupat

Lebaran yang Identik dengan Ketupat

Lebaran identik dengan ketupat, makanan asli dari Indonesia ini memang merupakan makanan wajib yang harus ada di saat lebaran atau idul fitri. Ketupat yang banyak dijual di pasar menjadi salah satu yang banyak dicari dan di pilih oleh masyarakat Indonesia sebagai menu makanan wajib yang akan mereka sediakan dan hidangkan ketika lebaran tiba. Masyarakat Indonesia akan memakan ketupat ketika selesai menunaikan shalat idul fitri yang dilakukan di pagi hari, yang biasanya juga akan disajikan dan di hidangkan dengan tambahan atau campuran semur tahu atau juga semur daging yang akan membuat kelezatan dari ketupat ini semakin nikmat.

Ketupat akan lebih enak dan nikmat jika di makan bersamaan dengan sayur santan yang akan memberikan cita rasa pedas dan manis yang akan memberikan rasa nikmat yang lebih dalam menyantap ketupat sayur di saat lebaran nantinya. Selain dengan membeli ketupat di pasar atau juga di berbagai penjual yang sudah banyak di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda, ketupat sayur juga bisa Anda buat sendiri di rumah yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan juga keluarga Anda.

Membuat ketupat sendiri di rumah memang membutuhkan kesabaran dan juga memerlukan waktu dan proses memasak yang tidak sebentar. Untuk bisa membuat dan menghasilkan ketupat yang baik dan juga matang dengan sempurna, Anda harus memasak ketupat tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama bisa hingga 6-7 jam lamanya. Proses pembuatan ketupat yang tidak sebentar itu memang memiliki fungsi dan tujuan agar beras yang berada di dalam bungkus daun ketupat tersebut bisa matang dengan sempurna dan juga matang dengan rata.

Masyarakat Indonesia memang memiliki kebiasaan dan juga tradisi tersendiri di saat lebaran tiba, dan salah satunya adalah kebiasaan untuk makan makanan yang telah tersedia banyak dan di sediakan oleh anggota keluarga yang lainnya. Memakan ketupat sayur dengan semur daging dan juga semur tahu menjadi salah satu menu favorit dari banyak masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *