Objek Wisata Situs Megalitik Gunung Padang

Jika anda ingin berwisata sambil menyaksikan sisa sisa peradaban jaman megalitikum yang ada di Indonesia. Di sinilah tempatnya. Situs megalit gunung padang memang menyajikan pemandangan yang sangat indah untuk anda tentunya. Ternyata situs megalit gunung padang ini sudah termasuk situs megalitik terbesar di Asia Tenggara ini berada di Gunung Padang. Untuk mencapai daerah ini anda tinggal menyusuri wilayah Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan jika anda tersesat masyarakat sekitar akan membrikan jalan benar untuk anda karena situs megalit gunung padang ini sudah sangat tersohor di Bandung termasuk di Asia.

Objek wisata situs megalitik gunung padang ini luasnya mencapai tiga hectare yang terletak diantara perbukitan tinggi. Untuk mencapai situs megalit gunung padang ini anda wajib menyiapkan energy karena begitu anda sampai di kaki gunung, tangga curam setinggi 30 meter dengan kemiringan hampir 40 derajat siap ditapaki. Ada sekitar 400 anak tangga yang harus dilewati untuk sampai puncakgunung. Walaupun terlihat susah dan menghabiskan tenaga, namun pemandangan sekitar akan menghipnotis mata anda dan menghapus rasa lelah anda. Mata anda akan dimanjakan dengan susunan batu indah dan rapi diantara perbukitan.

gunung padang

Batu-batu persegi ini diperkirakan berasal dari sekitar Gunung Padang. Diatas bukit ini, oleh arsiteknya, batuan ditata berundak-undak. Punden berundak itu memiliki lima teras dengan ukuran yang berbeda. Setiap teras diapit dua kolom batu berdiri sehingga terlihat seperti gerbang. “Teras satu dan dua yang paling banyak batunya. Tempat ini diperkirakan dibangun untuk ritual pemujaan pada 1500 Sebelum Masehi.

Nama Padang kemudian dikaitkan dengan pemujaan itu.Nama padang berasal dari tiga suku kata, yaitu Pa-Da-Hyang. Pa diartikan sebagai tempat, Da adalah agung atau besar, dan Hyang berarti eyang, moyang, atau leluhur terhormat jadi, padang itu artinya tempat agung para leluhur. Penasaran dengan keindahan situs megalit gunung padang ayo kunjungi sekarang juga dan rasakan indahnya berwisata sambil belajar sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *