Kuliner Colenak Bandung

Kota Bandung memang memanjakan lidah para pecinta kuliner dengan beraneka ragam jajanan lezat dan unik.  Salah satunya adalah Colenak, makanan ringan tradisional yang terdiri dari potongan tape singkong panggang dengan saus enten, yaitu campuran kelapa parut dan gula merah. Sebutan “colenak” untuk jajanan ringan ini merupakan akronim dari kata “dicocol enak”. Ya, colenak memang dinikmati dengan cara mencocolkan potongan tape singkong panggang pada sausnya.

Paduan rasa tape singkong dan manis-gurihnya adonan enten menghadirkan sensasi rasa legit yang menggigit. Makanan ini cocok disantap kapan pun juga. Akan lebih pas jika dinikmati bersama segelas teh pahit hangat. Konon katanya kuliner Bandung yang satu ini sudah ada sejak jaman pemerintahan Belanda dulu. Colenak berbahan dasar peuyeum atau tape/singkong yang di bakar lalu diberi topping yang terbuat dari parutan kelapa dan saus yang terbuat dari gula merah yang telah di cairkan.

colenak bandung

Colenak terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat di kota Bandung, yaitu tape singkong, kelapa parut, dan gula merah. Tape singkong dipanggang di atas bara, kemudian saus enten dibuat dengan cara mencampur kelapa parut dan gula merah yang dimasak hingga gula meleleh dan adonan tercampur dengan baik. Lezat-tidaknya colenak tergantung pada kualitas bahan yang digunakan dan cara memasaknya.

Semakin berkembangnya zaman membuat colenak memiliki beberapa varian topping dan sausnya seperti saus gula merah yang dicampur dengan nangka yang memberikan sensasi rasa yang lebih unik dan bahkan untuk anda yang menggemari buah durian bisa memilih colenak dengan menggunakan saus durian. Rasanya yang legit, manis dan gurih akan memanjakan lidah bagi wisatawan yang datang ke kota Bandung. eberapa kedai atau cafe yang menyajikan menu colenak sekarang sudah mudah ditemukan. Semoga kuliner Bandung yang satu ini tidak pernah hilang termakan oleh zaman, semoga masyarakat Bandung masih tetap dapat melestarikan kuliner colenak Bandung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *