baju batik

Kain Batik Motif Songket

Baju Batik

Baju Batik

Jika melihat sejarah panjang tentang kebudayaan indonesia, batik merupakan contoh nyata warisan budaya yang telah berusia panjang. Keelokan dari setiap motifnya yang artistik membuat makna yang mendalam dari setiap lekukan corak indahnya.  Beberapa bahan kain batik memiliki kualitas dan jenis yang berbeda – beda. Salah satunya adalah kain songket.

Apa hubungan baju batik dengan kain songket? Kain songket adalah kain tenunan tradisional Melayu yang menjadi ciri khas suku Minangkabau di Indonesia. Songket digolongkan pada beberapa keluarga tenunan brokat. Kain songket biasa ditenun dengan tangan menggunakan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan untuk acara-acara resmi. Kain songket dikenakan dengan cara dililitkan pada tubuh seperti sarung, disampirkan di bahu atau sebagai destar yang merupakan hiasan ikat kepala tradisional.

Hubungan antara baju batik dan kain songket adalah saat ini banyaknya produsen batik yang menggunakan motif songket dalam pembuatan produk-produk mereka. Motif songket memang sangat unik dengan kombinasi warna terang benang emas dengan latar belakang elegan berwarna merah marun atau biru gelap. Kain batik dengan motif songket ini biasa diproduksi dengan mesin printing yang mampu memproduksi banyak dalam sekali produksi. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan kesamaan motif antara satu baju dengan baju lain karena dengan menggunakan motif songket yang hampir sangat berbeda antara satu sisi kain dengan sisi yang lain, batik yang Anda kenakan tidak akan tampak sama persis dengan kain batik yang dikenakan orang lain. Kain songket yang digunakan oleh masyarakat Minangkabau untuk ke pesta membuat kain batik bermotif songket ini sangat pas untuk digunakan dalam menghadiri acara-acara perayaan di malam hari yang membutuhkan warna-warna terang seperti merah atau biru gelap.

> Rekomendasi Toko Baju Batik di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *