batagor

Makanan Khas Bandung

Bandung adalah ibukota dari provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan keunikan fashion, kuliner, dan lifestyle-nya. Setiap tahun, Kota Bandung selalu didatangi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bandung juga termasuk kota kuliner, adapun makanan khas bandung adalah sebagai berikut.
Batagor
Baso tahu goreng atau yang lebih akrab disapa batagor merupakan makanan khas yang berasal dari Bandung. Batagor merupakan percampuran antara siomay dan tahu yang digoreng lalu disajikan dengan bumbu kacang. Selain batagor goreng, juga terdapat batagor kuah yang dihidangkan dengan menggunakan kuah yang dibuat dari air kaldu dan penyedap rasa. Batagor yang terkenal di Bandung adalah Batagor Riri yang terletak di Jl. Burangrang no. 41. Selain Batagor Riri, juga terdapat Batagor Kingsley di Jl. Veteran no. 25 dan Batagor Elizabeth di Jl. Inhofftank no. 64.

Baso Tahu
Selain batagor, untuk makanan khas Bandung juga terdapat Baso Tahu. Baso Tahu adalah perpaduan antara baso yang dilapisi dengan tahu. Seperti batagor, baso tahu dapat disajikan dalam bentuk goreng yang dilumuri dengan saus kacang ataupun kuah yang dihidangkan dengan menggunakan kuah. Baso tahu dapat ditemukan di restoran-restoran di Bandung.

Serabi
Serabi Bandung merupakan salah satu yang terkenal di antara berbagai varian serabi di nusantara. Serabi merupakan jajanan khas yang bentuknya menyerupai pancake. Serabi Bandung terbuat dari tepung terigu, telur, air kelapa yang diaduk lalu dipanggang di cetakan kue serabi. Serabi ini biasanya dimakan dengan kuah kinca yang terbuat dari gula merah. Serabi Bandung dapat anda jumpai di gerobak maupun restoran di setiap penjuru kota Bandung.

Surabi Bandung

Surabi Bandung

Pisang Molen
Pisang molen cukup dikenal di kalangan para pengunjung kota Bandung. Pisang molen terbuat dari pisang yang diberi gula, susu dan keju lalu dilapisi dengan kulit puff pastry. Pisang molen memiliki berbagai varian rasa seperti coklat dan keju. Anda dapat membeli Pisang Molen di Kartika Sari, Primarasa ataupun toko oleh-oleh terkenal yang lain.

Perkedel Bondon
Perkedel Bondon sangatlah nikmat dan terkenal seantero Bandung. Bondon berarti wanita malam dalam bahasa Sunda. Tapi jangan berpikiran negatif dulu, makanan ini disebut perkedel bondon karena jam terbangnya malam hari. Berdiri sejak tahun 1992, perkedel ini dibuat dalam jangka waktu yang lama, yaitu 4 jam. Perkedel kentang yang garing ini sangat nikmat sehingga cukup dinikmati dengan nasi putih dan sambal saja. Perkedel yang dimasak dengan tungku api di atas kayu bakar ini dihargai sebesar Rp. 800,-. Perkedel Bondon hadir di Stasiun Hall, Kebonjati, Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *