Taman Budaya Dago

Taman Budaya Dago

Taman Budaya Dago

Taman Budaya Dago

Melestarikan, mengkaji, mengembangkan dan mempertahankan seni budaya Sunda adalah tujuan didirikannya taman budaya di Kota Bandung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Lokasi taman budaya ini berada di Jalan Bukit Dago selatan nomor 53A, Dago. Letaknya strategis dan juga dikenal oleh semua warga Bandung. Karena letaknya di Dago maka taman budaya ini disebut dengan Taman Budaya Dago. Taman Budaya Dago juga dapat dijadikan alternatif untuk nongkrong bersama teman-teman. Anda dan teman-teman dapat menikmati waktu bersantai di kafeteria yang terdapat di taman budaya ini, menikmati sajian berbagai macam kuliner dan juga menikmati indahnya pemandangan Kota Bandung.

Sajian pertunjukan berbagai macam seni Sunda seperti seni tari, seni musik, seni teater hingga pertunjukkan olah raga tradisional Sunda dapat menjadi hiburan yang sangat mengasyikkan yang dapat Anda temukan di sini. Selain digelar pertunjukkan kesenian, di Taman Budaya Dago juga sering diadakan acara seminar,acara pameran, dan juga acara lainnya. Pertunjukan kesenian andalan di Taman Budaya Dago adalah kesenian Bajidoran. Kesenian ini selalu mendapatkan apresiasi dari seluruh masyarakat Jawa Barat. Setiap digelarnya pertunjukkan Bajidoran, jumlah penonton dapat mencapai lebih dari 2000 penonton, padahal kapasitas tempat pertunjukkan hanya menampung 2000 penonton. Kesenian Bajidoran ini diselenggarakan setiap tahun baru secara rutin, dan penontonnya selalu diajak ikut serta dalam pertunjukkan ini. Inilah yang menyebabkan pagelaran pertunjukan kesenian Bajidoran selalu mendapatkan apresiasi yang sangat positif dari penonton.

Menariknya, di Taman Budaya Dago, bukan hanya kebudayaan Sunda saja yang selalu dipertunjukkan atau ditampilkan, tapi seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia bahkan kebudayaan mancanegara pun ikut dipertunjukkan di Taman Budaya Dago. Pertukaran budaya dengan kebudayaan-kebudayaan asing selalu dilakukan, seperti kebudayaan Perancis atau Centre Cultural Francais (CCF), Japan Foundation dan Goethe Institut. Mereka menggelar berbagai acara di bidang seni rupa, pameran dan seni pertunjukkan. Bahkan menurut kabar, Taman Budaya Dago akan dijadikan sebagai laboratorium seni budaya dunia, hal ini tentu saja menjadi suatu kebanggaan bagi warga Kota Bandung dan masyarakat Jawa Barat khususnya, serta bangsa Indonesia umumnya.

Di Taman Budaya Dago tersedia fasilitas untuk mengembangkan dan mendukung kemajuan budaya Jawa Barat, diantaranya gedung teater tertutup, gedung teater terbuka, teater taman, kafeteria, sanggar tari, galeri, gedung sekretariat dan wisma seni yang pengadaannya dari Pemerintah. Selain itu, pengelola Taman Budaya Dago juga memberikan pelayanan pelatihan-pelatihan bagi mereka yang ingin mempelajari beraneka ragam kesenian Jawa Barat dengan dilatih oleh pelatih-pelatih yang sudah disediakan oleh pihak balai pengelolaan Taman Budaya Dago.

Namun saat ini popularitas Taman Budaya Dago sedang menurun. Para wisatawan yang datang ke Kota Bandung lebih memilih menghabiskan liburan mereka dengan mengunjungi wisata Tangkuban Perahu atau wisata Kawah Putih. Begitu juga dengan masyarakat Kota Bandung sendiri, mereka lebih suka menikmati waktu santai mereka dengan nongkrong di pusat perbelanjaan atau kafe-kafe. Akan tetapi, di setiap akhir pekan selalu ada wisatawan yang mau berkunjung ke Taman Budaya Dago.

Jadikanlah Taman Budaya Dago sebagai tujuan wisata ketika berencana berwisata ke Kota Bandung. Dengan berwisata ke Taman Budaya Dago, Anda dan keluarga akan mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai bidang seni budaya sekaligus ikut serta dalam melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia dan juga dapat mengenal kebudayaan luar negeri. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pengalaman menarik yang mempunyai kesan tersendiri. Jadi, cantumkanlah Taman Budaya Dago ini di dalam catatan rencana wisata Anda ke Kota Bandung, agar wisata Anda di Kota Bandung menjadi lebih berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *