Ulat Sutra di Padepokan Dayang Sumbi

Padepokan Dayang Sumbi

Ulat Sutra di Padepokan Dayang Sumbi

Ulat Sutra di Padepokan Dayang Sumbi

Padepokan Dayang Sumbi di kota Bandung merupakan pelopor wisata ulat sutra di Indonesia. Di tempat penangkaran ini Anda dapat melihat secara langsung proses penangkaran ulat sutra. Dedi Agus Wirantoro adalah pengelola Padepokan Dayang Sumbi. Oleh ayahnya, Wibowo Moerdoko yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Bandung Raya dan juga pernah meneliti ulat sutra, serta sudah sangat berpengalaman di dunia pertekstilan, proses pembudidayaannya dilaksanakan pada tahun 1994 dan padepokan mulai dibuka sekitar tahun 2005.

Tempat ini menjadi tempat favorit bagi para peneliti untuk melakukan penelitian tentang bagaimana proses pembudidayaan ulat sutra hingga akhirnya dapat menjadi sebuah produk yang dapat memiliki nilai jual atau harga jual yang selangit. Di Padepokan Dayang Sumbi, para pengunjung dapat langsung menyaksikan rantai kehidupan seekor ulat yang dimulai dari penetasan, lalu menjadi larva, kemudian menjadi ulat dan hingga akhirnya berubah menjadi kepompong. Selain itu, di padepokan ini Anda juga dapat mengetahui bagaimana proses pemintalan kepompong menjadi benang sampai penenunan menjadi kain sutra yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Padepokan Dayang Sumbi menyediakan berbagai macam paket penawaran bagi para pengunjungnya. Apabila Anda mengambil paket open house, jam berkunjung Anda akan digabungkan dengan pengunjung yang lain. Sedangkan apabila Anda mengambil paket untuk anak sekolah, tarif dikenakan untuk per kelompok, dan per kelompoknya dibatasi maksimal 60 orang dengan harga Rp. 15,000. Paket kedua yaitu paket privat yang waktu berkunjungnya tidak digabungkan dengan pengunjung atau grup lain. Untuk kunjungan sekolah, per orang dikenai tarif masuk sebesar Rp. 30,000 dengan jumlah pengunjung minimal 30 orang. Sedangkan untuk rombongan umum dikenakan tarif Rp. 40,000. Dengan membayar tarif masuk tersebut para pengunjung akan diberikan fasilitas lengkap. Padepokan Dayang Sumbi sudah menetapkan jadwal-jadwal khusus yang telah diatur. Bagi Anda yang akan berkunjung ke padepokan bersama keluarga, waktu berkunjung disediakan khusus yaitu pada hari Jumat sampai dengan hari Minggu mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 13.00 dengan tarif atau biaya Rp. 55,000 per orang. Biaya atau tarif ini sudah termasuk fasilitas pengenalan budidaya ulat sutra, meninjau ulat, meninjau reeling benang sutra, penenunan kain sutra dengan ATBM, serta fasilitas bermain kelinci di halaman kelinci. Satu hari penuh Anda dapat menikmati fasilitas-fasilitas tersebut.

Di padepokan ini tersedia juga fasilitas-fasilitas lain yang sangat menarik dan juga unik untuk Anda dan anak-anak Anda. Fasilitas halaman kelinci  adalah fasilitas yang akan memberikan kebebasan kepada Anda atau anak Anda untuk dapat menangkap, memberi makan serta menggendong si kelinci yang berlari sangat lincah. Lalu fasilitas yang lainnya adalah memberikan pendidikan atau ilmu stek tanaman Murbei.

Padepokan Dayang Sumbi yang beralamat di Desa Pamoyanan Jalan Arcamanik kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung ini selalu dipadati pengunjung, jadi Anda harus memesan tempat terlebih dahulu dua hari sebelumnya dan membayar uang muka 100% agar wisata Anda di Padepokan Dayang Sumbi tidak terganggu dan akan tetap nyaman. Wisata alam sekaligus wisata ilmu akan Anda peroleh di Padepokan Dayang Sumbi di kota Bandung ini. Dengan mengunjugi padepokan ini, Anda dan keluarga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang sangat menarik sekaligus menyaksikan kebesaran Tuhan, dimana seekor ulat sutra yang kecil dapat menghasilkan serat yang halus panjang dan juga kuat sehingga dapat menghasilkan suatu produk yang indah dan bernilai tinggi untuk dipakai oleh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *