Locafore Jazz Festival - Hedi Yunus

Locafore Jazz Festival

Locafore Jazz Festival - Hedi Yunus

Locafore Jazz Festival – Hedi Yunus

Apakah Anda masih bingung untuk menghabiskan akhir pekan Anda? Ataukah Anda mencari sesuatu yang sangat bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi Anda? Kalau begitu cobalah untuk menyempatkan diri liburan di Bandung, karena setiap tahunnya, kota yang terkenal akan anak-anak mudanya yang kreatif ini kerap menggelar acara-acara festival yang dapat menginspirasi Anda. Tahukah Anda bahwa tanggal 21-23 September lalu di Kota Bandung digelar festival besar, yaitu Locafore Jazz Festival. Acara ini berlangsung sangat meriah dan mewarnai indahnya Kota Baru Parahyangan.  Tepatnya di Bale Pare, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, di sini masyarakat dapat bebas menikmati acara, dari awal hingga akhir secara gratis. Ketua Penyelenggara acara adalah Nus Salomo dimana perencanaan hingga proses akhir acara dilaksanakan jauh berbulan-bulan sebelumnya dengan tujuan memuaskan penonton.

Apa saja sih yang ada di Locafore Jazz festival 2012? Apakah Anda cukup penasaran? Di festival ini disajikan penampilan khas dari para musisi terkenal Indonesia yang diantaranya adalah Tompi, Benny Likumahua, Barry Likumahua Project, Margie Segers, Sandy Winarta Quartet, ESQI:ef / Syaharani and Queenfireworks, Maliq D’Essential, Shadow Puppet, Sierra, Starlite, Maya Hasan the sound of light, Andien, Jubing Kristianto, Lala Suwages, the Groove, Kahitna,  Daeng Udjo, Mery Kasiman, Nora, Stretta Chambers Orchestra, The 42 Tribute band, Sister Duke, Dip’ah dan Tjut Nyak Deviana Daudsjah. Masih ada lagi bazaar kuliner yang  menampilkan masakan-masakan lokal Indonesia, jadi selain menikmati pertunjukan, perut Anda pun dijamin terpuaskan. Ada pula pameran desain produk yang sangat cantik, unik, menarik, kreatif, serta inovatif yang diikuti banyak produk dengan yang didesign oleh para designer muda Indonesia, sangat cocok untuk Anda yang suka mencari inspirasi mengenai desain produk Anda sendiri.

Belum cukup disitu, masih banyak lagi yang ditawarkan di Locafore Jazz Festival di Bandung kemarin, yaitu ada pameran seni patung yang sangat artistik. Mengapa ada pameran patung di acara ini? Hal ini tentu memiliki tujuan khusus. Sang kurator acara, Asikin Hasan berujar bahwa patung outdoor tersebut sebenarnya ditujukan untuk memperluas apresiasi masyarakat terhadap karya seni. Ia berpendapat bahwa selama ini pameran patung hanya dilaksanakan di dalam ruangan. Walaupun tradisi pameran outdoor di luar negeri sudah biasa, di Indonesia belum populer. Dengan ini ia berkeinginan untuk mengembangkan patung yang tidak diam, namun bisa bergerak karena kondisi alam, sehingga patung tersebut dapat berinteraksi. Ia pun berpendapat bahwa pengalaman estetik itu cukup penting bagi masyarakat.

Ryan Brasali sebagai General Manajer Kota Baru Parahyangan menjelaskan bahwa festival ini bertujuan untuk merangsang kreativitas masyarakat, membentuk inspirasi dan membudayakan masyarakat untuk memiliki apresiasi terhadap seni serta produk lokal. Secara istilah, definisi “Locafore” adalah pemakan barang lokal, sehingga acara ini beujuan memotivasi masyarakat untuk mencintai hasil, produk, dan karya lokal serta berupaya mendorong produk lokal untuk bisa lebih bersaing di kancah Internasional. Locafore juga sangat sesuai dengan misi Kota Baru untuk mengembangkan budaya, hunian, komunitas, dan sumber daya manusia lokal, terutama bagi masyarakat Kota Baru sendiri.

Locafore Jazz Festifal tahun ini mengusung tema yang lebih menarik, kreatif, dan inspiratif, sehingga membutuhkan peralatan lebih canggih dari tahun-tahun sebelumnya. Acara ini juga berlangsung meriah, banyak antusiasme masyarakat menikmati pertunjukan, pameran, dan karya seni yang ada di sini. Dengan pergi ke Locafore Jazz Festival di Bandung, mereka mendapatkan banyak pembelajaran dan inspirasi, dan mereka pun menghabiskan akhir pekan dengan penuh keceriaan dan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *