Toko Roti Sidodadi

Kenikmatan Roti Sidodadi Khas Bandung

Toko Roti Sidodadi

Toko Roti Sidodadi

Kota Bandung memang identik dengan wisata, belanja, dan fashion. Namun, kota Bandung juga terkenal akan kuliner atau makanannya yang sangat mantap untuk diicip saat berkunjung, maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh Bandung. Salah satu jajanan yang banyak ditemui di Bandung adalah roti. Untuk menikmati salah satu roti khas Bandung yang nikmat, berkunjung ke Toko Roti Sidodadi pun dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Berlokasi di kawasan Jalan Otto Iskandar Dinata atau Otista, sekilas toko roti ini tidak terlihat seperti toko roti pada umumnya karena bangunannya yang mungil dan minimalis. Untuk menjangkau Toko Roti Sidodadi, Anda dapat menelusuri trotoar antara Jalan Kepatihan dan Jalan Dalem Kaum. Meskipun tokonya yang kecil dan terlihat sederhana, Toko Roti Sidodadi hampir tidak pernah sepi pembeli, yang tidak hanya datang dari Bandung.

Terdapat sekitar 30 macam jenis roti yang dipajang di dalam etalase toko ini. Roti yang disediakan Toko Roti Sidodadi memiliki beraneka macam rasa dan bentuk, tetapi tetap memiliki ciri khas yang sama. Berdiri di akhir tahun 1960, Toko Roti Sidodadi termasuk ke dalam salah satu kuliner ‘jadul’ Bandung, namun tetap mampu bertahan hingga sekarang. Adapun salah satu resep rahasianya, berawal dari memodifikasi roti Belanda yang bertekstur keras, menjadi roti yang lebih lembut dan cocok untuk lidah Indonesia.

Berbagai macam roti yang disediakan Toko Roti Sidodadi ini antara lain roti krenten atau roti kismis, roti cokelat, nanas, keju, srikaya, dan blueberry, juga roti jagung, smoked beef, roti sosis, roti kornet keju, roti tawar, dan roti lima rasa. Sedangkan salah satu roti yang paling populer adalah roti horn. Roti ini berbentuk seperti tanduk dan berisi fla susu di dalamnya. Selain itu juga terdapat beberapa macam roti ‘jadul’, seperti roti frans yang berbentuk kotak besar, dan roti bangket yang berwarna cokelat bertabur wijen di atasnya. Selain itu, tersedia pula roti buaya, yang biasa dipesan pembeli untuk acara hajatan.

Sebagai oleh-oleh Bandung, harga roti di Toko Roti Sidodadi bervariasi sesuai jenis rotinya, tetapi tetap terjangkau dan sebanding dengan kenikmatannya. Harga untuk roti manis satu rasa, berkisar antara Rp. 2.000 – Rp. 2.500 saja. Roti kornet keju dipatok sekitar Rp. 3.700, sedangkan roti lima rasa harganya Rp. 12.000. Untuk roti tawar hanya berkisar Rp. 5.000 – Rp. 7.000, sedangkan roti buaya dapat dipesan dengan harga Rp 75.000.

Salah satu keutamaan dan keistimewaan roti yang ditawarkan Toko Roti Sidodadi adalah roti yang bebas bahan pengawet, pewarna, pelembut, dan pengembang. Jika roti Sidodadi diremas, roti cenderung tidak mengecil karena tekstur rotinya yang padat. Meskipun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *