Kebun Seni Tamansari

Kebun Seni Tamansari

Kebun Seni Tamansari

Bila Anda mendengar nama “Kebun Seni Tamansari” apa yang ada di benak Anda? Apa nama tersebut terasa asing? Kira-kira apa saja yang ada di sana ya? Atau sebenarnya itu tempat apa sih? Dan dimana tempatnya? Baiklah, kita akan mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut satu per satu. Bila menyebut “Kebun Seni Tamansari” pasti yang ada di benak Anda adalah tanah yang luas, ditumbuhi berbagai jenis bunga dengan pemandangan yang sangat indah, bukan? Nama tersebut memang terasa asing, mengingat nama tersebut memang merupakan nama baru dari Pasar Seni Taman Sari Bandung. Tempat ini dirubah namanya sejak tahun 2010 menjadi “Kebun Seni Tamansari”.  Jadi apa yang ada di sana tidak seperti yang ada dalam bayangan Anda, bukan kebun bunga atau taman yang luas, namun merupakan pusat kesenian tradisional tempat dimana dijualnya barang-barang hasil karya seni tinggi namun harganya terjangkau. Kebun Seni Tamansari berlokasi di Kota Bandung, tepatnya persis di sebelah Kebun Binatang Bandungyang berada di seberang kampus ITB.

Salah Satu Galeri di Kebun Seni Tamansari

Salah Satu Galeri di Kebun Seni Tamansari

Di “Kebun Seni Tamansari”, bukan hanya dipamerkan barang-barang seni saja, tapi lebih dari itu, pengunjung pun dapat berbelanja karya seni sambil melihat langsung proses pembuatannnya, menarik bukan? Misalnya kalau kita melihat-lihat patung, kita bisa juga melihat proses pemahatannya, pembuatan designnya, dan sebagainya. Jadi secara tidak langsung kita bisa tahu bahwa itu adalah karya asli, dibuat on the spot oleh senimannya, dan dengan melihat proses pembuatan karya tersebut kita lebih menyadari bahwa itu tidak mudah untuk dilakukan. Membuat sebuah karya seni yang indah harus merupakan hasil perpaduan antara bakat, ketelitian, kreatifitas, dan kesungguhan, sehingga kita bisa lebih memahami mengapa harga yang dipatok oleh penjual sebesar itu. Atau, kita juga bisa menilai harga sebuah karya seni berdasarkan tingkat kesukaran pembuatannya.

Kebun Seni Tamansari

Kebun Seni Tamansari

Karya yang dijual di “Kebun Seni Tamansari” umumnya adalah karya seni lukis dan karya seni pahat. Hal ini karena proses pembuatan kedua karya itu ada yang dalam waktu singkat dan tidak terlalu membutuhkan space yang banyak. Selain itu kedua jenis karya tersebut banyak peminatnya. Namun bukan hanya karya seni lukis dan pahat saja yang dijual, masih ada  pernak-pernik dekorasi rumah, perhiasan dan batu mulia.

Jadi tempat seperti apa “Kebun Seni Tamansari” itu? Apakah merupakan salah satu ikon terkenal Kota Bandung? Hal ini tidak perlu diragukan lagi karena “Kebun Seni Tamansari” sudah terkenal seantero negeri bahkan luar negeri. Jadi pengunjungnya adalah para wisatawan  dari dalam maupun luar negeri seperti Singapura dan Malaysia. Rata-rata yang datang adalah penikmat seni, pecinta seni, namun banyak juga yang dari kalangan biasa yang menyukai kegiatan wisata di “Kebun Seni Tamansari”. Jadi bila ingin mengunjungi “Kebun Seni Tamansari”, tidak hanya pecinta seni atau yang mengerti seni saja yang boleh.

Wisata keluarga ke Bandung, tidak akan lengkap bila tidak mampir ke “Kebun Seni Tamansari”. Karena tempat ini dipenuhi banyak hal, bisa untuk membeli suvenir bagi tetangga, teman atau kerabat dekat. Dan, saat ini tempatnya sudah disetting  secara lebih baik oleh pemerintah daerah setempat. Pemerintah Kota Bandung sudah membangun fasilitas lebih lengkap, hal ini ditujukan agar “Kebun Seni Tamansari” lebih menunjukkan karakternya sehingga dapat menjadi  representatif dan tampak seperti Pasar Seni pada umumnya. Penambahan fasilitas juga ditujukan agar pengunjung merasa lebih nyaman untuk berbelanja atau sekadar melihat-lihat. Jadi tunggu apa lagi, ayo wisata ke Bandung, dan jangan lupa mampir “Kebun Seni Tamansari”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *