Helar Festival

Helar Festival

Helar Festival

Helar Festival

Tak akan ada habisnya jika kita membicarakan kota Bandung, dengan segala kemeriahan, gemerlap, prestasi, penghargaan, kemajuan, sejarah, budaya, dan segudang kreativitas lainnya. Hal ini dibuktikan oleh bermacam-maccam produk yang dihasilkan oleh kota Bandung seperti kuliner, fashion, seni budaya, pendidikan dan masih banyak lainnya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal maupun mancanegara untuk mendatangi Kota bandung. Uniknya, semangat dan kreativitas masyarakat kota Bandung tak berhenti dengan hanya sekedar menciptakan, melainkan ikut melestarikan dan memperkenalkan dengan masyarakat lainnya. Adalah sebuah program yang diinisiasi oleh BCCF (Bandung Creative City Forum) yang diberi nama dengan Helar Festival.

Kehadiran sebuah festival tentunya akan selalu menjadi daya tarik untuk memperkenalkan atau mempertunjukkan sesuatu kepada khalayak. Helar Festival adalah sebuah festival persembahan komunitas kreatif di kota Bandung. Helar Festival ini sudah terhitung tiga kali sukses terselenggara di kota Bandung. Festival pertama diadakan pada tahun 2008 yang menampilkan 30 event komunitas, kemudian pada tahun 2009 adalah festival keduanya yang menghadirkan lebih dari 60 event komunitas. Meneruskan kesuksesan dua festival sebelumnya, Helar Festival kembali diadakan pada tahun 2012. Konsep yang diangkat pada tiap tahunnya selalu berbeda dan pebuh kreativitas. Pada tahun 2012 isu yang berusaha diangkat oleh Helar festival adalah ruang kota publik. Tujuannya adalah untuk menggaungkan beberapa tempat atau ruang publik yang dapat dinikmati bersama oleh masyarakat Bandung. Terbukti dari inovasi yang dibuat oleh Helar festival 2012 yakni menyelenggarakannya pada 4 tempat besar yakni hutan, taman, kampung dan sungai.

Keempat tempat tersebut dimeriahkan oleh kegiatan akbar yang berbeda-beda yakni:

Lightchestra

Adalah sebuah konser musik yang diselenggarakan di dalam hutan Kota babakan Siliwangi. Permainan laser pada kegiatan ini turut memeriahkan konser musik yang diisi oleh para seniman dan musisi kota Bandung serta komunitas kreatif kota bandung lainnya. Acara ini diadakan pada tanggal 5-7 Juli 2012.

Pruung Out!

Inilah salah satu bukti keativitas masyarakat Bandung, jenis acara apa yang Anda pikirkan saat mendengar Pruung Out!? Unik bukan? Pruung Out! adalah sebuah festival kuliner dalam rangka memeriahkan nuansa bulan Ramadhan yang diadakan di Lapangan Gasibu Bandung pada tanggal 9-12 Agustus 2012. Festival kuliner ini tentunya diisi oleh para penikmat kuliner asli kota Bandung.

Kampoong Festival

Salah satu tujuan dari diadakan Kampoong Festival adalah berusaha mengangkat bakat kreatif kampung urban yang selama ini telah tertutupi oleh bakat-bakat lainnya. Diadakan pada tanggal 20-23 September 2012 di Kampung Tamansari Bandung. Acara ini menjadi penyegaran dan penumbuh semangat untuk terus berkreativitas dan berinovasi.

Cikapundung River Front Festival

Dilihat dari namanya saja sudah dapat ditebak lokasi acara berada tak jauh dari Sungai Cikapundung. Acara ini tepatnya diadakan di Bantaran Sungai Cikapundung Babakan Siliwangi pada tanggal 26-28 Oktober 2012. Inilah kegiatan yang berusaha untuk menghidupkan kembali potensi sungai Cikapundung dengan beberapa kegiatan seperti olimpiade air, teater terapung dan sebaganya. Sungai yang membelah kota Bandung ini ingin diaktikan kembali dengan berbagai kegiatan bermanfaat dan dinikmati bersama oleh masyarakat Bandung.

Sudah menjadi kewajiban untuk terus mengasah kreativitas untuk membangun dan melestarikan potensi yang sudah dimiliki oleh sebuah kota. Beruntung kota Bandung memiliki masyarakat dan komunitas yang berjiwa kreatif untuk terus berkarya melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti Helar Festival salah satunya. Semoga semangat ini dapat ditularkan kepada kota-kota lainnya di Indonesia untuk Indonesia yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *