Dago Tea House

Dago Tea House

Dago Tea House

Dago Tea House

Dago? Tempat apa itu? Kawasan sebelah mana Bandung? Dago cukup terkenal sebagai salah satu kawasan favorit tempat wisata di Bandung. Dago terletak di sebelah utara Kota Bandung dengan keunikan tersendiri yang mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Bukan hanya menjadi tempat wisata recommended, namun juga merupakan dan pusat wisata kuliner menarik. Banyak hal yang terdapat di Kawasan Dago ini, bila Anda menginginkan wisata Bandung yang dekat dengan alam, maka Anda bisa berkunjung ke Curug Dago, atau ke hutan lindung yang dinamakan Taman Hutan Raya. Bila Anda pecinta sejarah, Anda bisa mengunjungi Goa Belanda dan Goa Jepang. Dan, mengenai kuliner, Anda tidak perlu bingung, karena di daerah perluasan Dago yang disebut Dago Pakar juga menyediakan berbagai restoran yang patut dicoba. Mencicipi hidangan lezat sambil menikmati  panorama Kota Bandung nan mempesona merupakan pengalaman tak terlupakan.

Ketenaran Dago sebagai tempat wisata Bandung yang sangat diminati sudah berlangsung sejak zaman kolonial Belanda, bukan hanya masyarakat pribumi yang sering berkunjung, namun warga Belanda juga sangat menyukai kawasan ini. Karena tempatnya yang sangat indah dan banyak wisatawan berkunjung, banyak dibangun berbagai vila dan rumah milik warga Belanda di Dago. Ada ciri khas tersendiri yang terdapat di kawasan ini, yaitu di sisi jalannya ditanami pepohonan yang tinggi. Selain itu, berbagai fasilitas umum juga sudah dibangun sejak masa kolonial Belanda. Salah satu yang masih bertahan hingga saat ini adalah Dago Tea House (http://www.dagoguesthouse.com) atau pada jaman Belanda disebut sebagai Dago Thee Huis yang artinya “Rumah Teh Dago”. Tempat ini merupakan restoran yang sangat unik, dimana kita bisa menikmati acara minum teh dan kuliner sambil menikmati keindahan alam bumi Parahyangan.

Kemudian, tempat seperti apa Dago Tea House itu? Ada apa saja sih di sana?  Dago Tea House terletak pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut di Kawasan Dago. Tiket masuknya seharga Rp.1,000 saja. Anda tidak akan rugi bila datang kemari karena Anda akan disuguhi suasana sejuk dan nyaman, dengan pesona pemandangan yang menarik. Seperti namanya, Dago Tea House merupakan tempat Anda menemukan kuliner lezat, namun belakangan ini pemerintah Jawa Barat mengubahnya menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat. Di sini sering ada pertunjukan tarian dan pertujukan tradisonal lain yang sangat khas menunjukkan identitas Jawa barat. Bagian utama Dago Tea House antara lain bangunan utama sebagai arena panggung terbuka yang mempu menampung 1200 penonton. Di sini penonton dapat menikmati pertunjukkan seperti Jaipongan, karawitan, angklung, pantun bubun, tembang Sunda, dan lain-lain sambil menikmati keindahan alam Bandung. Kemudian ada pun Teater Taman dimana Anda dapat menikmati pertunjukkan sembari menikmati keindahan taman di sini.

Belum cukup, masih ada galeri pameran, yang merupakan galeri di area teater yang sering digunakan sebagai tempat pameran seni rupa, lomba dan diskusi. Dahulunya, galeri ini dikenal dengan nama “Roemah Teh” yaitu bagian dari Dago Tea House yang dijadikan tempat minum teh seperti nama tempat utamanya. Selain itu, masih ada lagi sanggar seni tari, perpustakaan, bagian cindera mata, dan Boga Kuring. Boga kuring adalah bagian dimana Anda dapat menikmati berbagai kuliner khas Sunda seperti nasi liwet, lalapan, dan karedok. Minuman tradisional andalannya adalah Bandrek dan Bajigur, tapi Anda juga dapat memesan jenis makanan Eropa dan China di sini. Wisata Bandung di Dago Tea House sangat menakjubkan. Bukan hanya pemandangannya, tapi juga pertunjukan dan kulinernya pun pastilah tidak bisa Anda lupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *