Bakso Cuankie Serayu

Bakso Cuankie Serayu

Bakso Cuankie Serayu

Bakso Cuankie Serayu

Bakso Cuankie Serayu letaknya sangat strategis karena berdekatan dengan Jalan R.E. Martadinata. Di jalan ini banyak sekali factory outlet berjejer, dan Jalan R.E. Martadinata juga berperan sebagai pusat beraneka macam kegiatan. Jalan Serayu sendiri adalah anak jalan dari Jalan R.E. Martadinata dan Bakso Cuankie Serayu beralamat di Jalan Serayu nomor 2, Bandung. Inilah salah satu kelebihan dari Bakso Cuankie Serayu, lokasinya berada di jalan yang sangat mudah bagi kita untuk menemukan jajanan yang biasa dibawa keliling seperti bakso cuankie.

Kasno adalah pemilik dari Bakso Cuankie Serayu, beliau memulai usahanya di tahun 1997. Awalnya teman Kasno yang mengenalkan dan mengajarkan Kasno cara membuat cuankie. Teman kasno ini bekerja di pengusaha cuankie keturunan China di Cibadak. Nama cuankie sebenarnya bukan berasal dari bahasa China melainkan berupa singkatan dari ‘cari uang jalan kaki’. Banyak sekali pedagang cuankie yang berkeliling dengan memanggul dagangannya untuk menjajakan cuankie dengan menggunakan tempat berwarna silver bertuliskan ‘CUANKI’.

Kasno mengatakan bahwa cuankie yang dijual di Bakso Cuankie Serayu berbeda dengan cuankie yang dijual keliling, karena cuankie yang dibuat di Bakso Cuankie Serayu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, seperti tahu yang dipesan secara khusus dan ikan tenggiri yang digunakan sebagai bahan baku adalah ikan tenggiri yang masih segar. Kemudian pangsit, bakso cuankie dan cuankienya pun berukuran besar. Karena bahan-bahan yang digunakan Bakso Cuankie Serayu berasal dari bahan baku yang berkualitas, maka sudah dapat dipastikan rasa dari kuliner Bandung ini pasti sangat lezat dan gurih.

Cuankie merupakan jajanan berkuah khas kuliner Bandung dimana cara penyajiannya mirip dengan bakso Malang yaitu bakso sapi beserta olahan tepung yang disiram dengan kuah gurih dan ditaburi daun seledri yang telah diiris kecil. Di serayu, semangkok bakso cuankie berisi dua buah bakso sapi kecil, satu tahu yang mirip dengan tahu siomay, sebuah gorengan gurih yang mirip dengan pangsit, sebuah siomay yang berisi tetelan mirip dengan cilok dan olahan tepung, serta ikan yang berbentuk bola rasanya pun gurih. Sedangkan kuah bakso cuankie terbuat dari rebusan tulang ikan yang biasanya berasal dari ikan tenggiri. Inilah perbedaannya dengan kuah bakso yang pada umumnya terbuat dari rebusan tulang sapi. Satu porsi Bakso Cuankie Serayu seharga Rp. 10,000 saja, cukup murah karena porsinya besar sehingga bisa membuat perut menjadi kenyang.

Selain bakso cuankie, Bakso Cuankie Serayu juga menyediakan batagor yang ternyata menjadi menu andalan Bakso Cuankie Serayu yang juga banyak diminati para pembeli. Tersedia juga kerupuk, aneka jus, teh botol dan air minum botol. Bakso Cuankie Serayu mulai buka dari jam 11.00 sampai jam 20.00.

Saat ini Bakso Cuankie Serayu sudah memiliki beberapa cabang yaitu di Jalan Cihapit, Jalan Bengawan dan Jalan Mangga. Bakso Cuankie Serayu tidak pernah sepi pembeli, setiap hari selalu dipenuhi para pembeli. Bukan hanya pembeli dari sekitar Kota Bandung saja, tetapi pembeli dari luar Kota Bandung juga ikut memenuhi tempat ini. Bahkan pelanggan Bakso Cuankie Serayu sudah sampai ke Singapura dan Dubai. Bagaimana tidak, selain rasanya yang lezat dan gurih, kualitas makanannya yang terjamin dan porsi yang ditawarkan cukup besar hingga membuat perut menjadi kenyang, harganya pun murah meriah yang tentu saja sangat menarik perhatian para pecinta kuliner. Maka tak heran, banyak sekali pecinta kuliner yang ingin mencicipi salah satu kuliner bandung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *