Warung Lela

Warung Lela

Warung Lela

Warung Lela

Bagi pecinta kuliner Bandung yang banyak jenisnya, khususnya mie yamin dan bakso, patut mencoba kuliner khas Bandung yang satu ini. Warung Lela, warung makan yang diberi nama sesuai nama pemiliknya yaitu Mak Lela ini memang menyediakan menu mie yamin dan bakso.

Warung yang berlokasi di Jl. Kupa No 6, Kompleks Rancakendal ini memang unik, berlokasi di daerah pegunungan, tidak membuat para pecinta kuliner Bandung enggan untuk menyambanginya. Justru hal itu menjadi daya tarik tambahan bagi tamu yang datang. Karena lokasi Warung Lela ini berada di pegunungan, maka akan terasa lebih pas jika Anda bersama teman atau keluarga datang saat sore ataupun di malam hari, karena dengan hawa yang dingin disertai kerlip lampu kota Bandung ditambah kerlip cahaya lilin, dijamin akan membuat Anda merasa lebih enak saat menyantap menu yang disajikan.

Warung Lela yang sering disingkat “Wale” oleh para pengunjungnya ini merupakan tempat makan yang benar-benar mendapatkan popularitasnya lewat mulut ke mulut. Bagaimana tidak, rumah tinggal yang didesain menjadi ruang publik tentunya menimbulkan kesan homy bagi pengunjung yang datang. “Serasa makan di rumah orang tua sendiri”, begitu kata salah satu pengunjung dari Warung Lela. Memang, dulunya Mak Lela hanya membuat mie bakso untuk rekan-rekan ataupun teman-teman anaknya yang datang berkunjung ke rumahnya. Namun berkat promosi dari mulut ke mulut, akhirnya Mak Lela kemudian memutuskan untuk memanfaatkan rumahnya yang berada di Dago atas ini untuk dijadikan tempat makan dengan mengusung nama “Warung Lela”. Di bagian depan warung ini para pengunjung bisa melihat langsung proses persiapan makanan yang sudah dipesan. Preparation Area atau tempat persiapan dibagi dua, satu untuk bagian makanan, sedang yang satunya lagi untuk bagian minuman.

Yamin Manis Bakso

Yamin Manis Bakso

Menu yang juga patut dicoba di sini adalah “Mie Ayam Rica-rica dengan Bakso”. Memang porsinya tidak terlalu besar, namun bakso yang nikmat kenyal dan rasa mie yang gurih merupakan paduan yang luar biasa dan banyak membuat pengunjung jatuh hati pada menu ini. Selain mie yamin dan bakso yang terkenal, para pengunjung juga bisa menikmati menu lainnya, seperti pangsit goreng. Dimakan dengan tambahan cabai hijau dan sedikit kecap manis, membuat tidak sedikit pengunjung yang ketagihan. Menu lain yang wajib dicoba bagi pecinta kuliner Bandung yang datang ke tempat ini adalah “Nasi Tim”. Nasi yang ditanak beserta potongan daging ayam dan bumbunya begitu pas terasa di lidah. Gurihnya bumbu ayam meresap di nasi sehingga tidak perlu menambah lauk lagi, cukup nikmati saja seporsi makanan ini. Selain bakmi yamin, bakso, pangsit goreng dan nasi tim, Warung Lela juga menyediakan menu untuk kudapan seperti siomay.

Untuk minuman, ada berbagai jenis minuman yang disediakan disana, walaupun yang sering dipesan oleh pengunjung adalah Bandrek, minuman tradisional yang terbuat dari jahe dan susu dan diminum hangat-hangat, Es Kelapa Muda dan Es Jeruk.

Untuk harga, satu mangkok bakmi Yamin Manis Bakso dipatok dengan harga Rp. 12.000. Bakso yang berjumlah 3 buah dipisahkan di mangkok tersendiri sehingga yang memakan tidak kesulitan karena mangkoknya kepenuhan. Selesai makan, para pengunjung juga bisa melihat-lihat aneka pernak-pernik yang dijual, mulai dari kain batik, baju batik, serta macam-macam aksesoris dan tas.

Tempat makan nyaman dengan harga yang relatif terjangkau di dompet serta pelayanan yang lumayan cepat membuat Warung Lela dengan cepat menjadi terkenal. Sayangnya lokasi warung ini cukup jauh dan akses jalan menuju Warung Lela berada tidak terlalu lebar. Tapi sekali lagi nampaknya hal ini tidak menyurutkan niat para pengunjung untuk terus datang ke tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *