Taman Kupu-kupu

Taman Kupu-Kupu Bandung

Taman Kupu-kupu

Taman Kupu-kupu

Salah satu wisata alam yang dapat Anda kunjungi ketika liburan di Bandung adalah Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung. Lokasi Taman Kupu-Kupu Bandung ini berada di jalan Cihanjuang KM 33 nomor 58 Desa Cibaligo, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat dan didirikan pada tahun 2009. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung yang mempunyai luas sekitar 1,7 hektar ini, dibuka setiap hari Senin sampai hari Jumat mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00. Biasanya pada hari libur Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung selalu dipadati para pengunjung. Tiket untuk masuk ke Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung sangat terjangkau yaitu seharga Rp. 20.000. Karena tema utama tempat wisata ini adalah kupu-kupu, tiket masuk yang dijual pun berupa pin kupu-kupu bukan kertas seperti biasa, dan tiket tersebut dapat dibawa pulang.

Saat Anda memasuki Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung, Anda akan disambut dengan taman hijau bergaya Bali, setelah itu Anda akan memasuki sebuah gedung lucu yang dihiasi dengan patung kupu-kupu besar. Taman ini diatur cukup rapi. Suasana di sekitar taman yang asri dan segar dapat Anda rasakan ketika Anda berada di taman kupu-kupu ini. Taman kupu-kupu ini selalu dijadikan sebagai tempat untuk berlibur sekaligus menjadi tempat bagi para pelajar untuk menambah ilmu pengetahuan mereka atau dijadikan sebagai wisata pendidikan bagi para pelajar. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung didirikan dengan tujuan untuk melestarikan kupu-kupu. Oleh sebab itu di taman ini Anda akan menemukan berbagai macam jenis kupu-kupu yang ada di dunia. Selain dapat menikmati kecantikan beraneka ragam kupu-kupu, di taman ini juga tersedia fasilitas permainan outbound untuk anak-anak dan remaja. Selain itu juga tersedia tempat makan serta outlet yang menjual bermacam-macam souvenir kupu-kupu yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara dan teman-teman Anda. Ada juga fasilitas gedung serbaguna yang selalu digunakan untuk pertemuan dan juga pembelajaran di Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung. Di taman ini juga terdapat tempat penyewaan topi berdaun lebar yang berguna untuk melindungi Anda dari teriknya sinar matahari saat Anda berjalan mengelilingi taman untuk menikmati keanekaragaman kupu-kupu di taman ini. Para pengunjung Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung dapat menikmati keindahan berbagai macam kupu-kupu yang beterbangan. Anda dapat bermain serta mengejar kupu-kupu. Anak-anak pasti sangat menyukainya.

Terdapat 45 jenis kupu-kupu di taman ini. Jenis yang paling besar adalah jenis Raja. Negara kita adalah negara nomor dua setelah Brazil yang memiliki kupu-kupu yang paling indah di dunia. Jenis atau spesies itu diantaranya Helenus, Papilio Demolion, Attacus Atlas (Sirama-rama) dan masih banyak yang lainnya. Kupu-kupu jantan memiliki corak yang lebih indah dibandingkan dengan kupu-kupu betina.  Selain kupu-kupu yang cantik dan berwarna warni yang dapat Anda nikmati, di taman kupu-kupu ini juga terdapat puluhan kepompong, ada yang masih berisi calon kupu-kupu dan juga ada kepompong yang sudah ditinggal si penghuninya. Kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong dan siap untuk terbang membutuhkan waktu selama 3 sampai 4 jam. Terkadang kita juga dapat menyaksikan kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong yang ditunggui sang pawang, sehingga Anda dapat menyentuhnya secara perlahan atau melihatnya dari dekat.

Anak-anak Anda akan sangat terhibur apabila Anda mengajak mereka berkunjung ke Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung ini. Selain itu, berkunjung ke taman ini juga dapat menambah pengetahuan mereka. Liburan di Bandung memang sangat mengesankan. Wisata alamnya sangat mengasyikkan. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung adalah salah satunya. Berkunjung ke taman kupu-kupu ini dapat menjadi alternatif wisata yang cukup murah namun dapat memberikan kesan yang sangat berarti dan mendidik bagi Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *