Stadion Siliwangi

Stadion Sepak Bola di Bandung

Stadion Siliwangi

Stadion Siliwangi

Kota Bandung yang juga memiliki julukan Kota Kembang merupakan kota yang sangat kental unsur olahraganya, dalam hal ini sepakbola. Seluruh masyarakat Bandung sangat mencintai sepakbola, dan klub kebanggaan masyarakat Bandung tersebut adalah Persib “Si Maung” Bandung. Bukan hanya masyarakat Bandung yang mendukung Persib Bandung sebagai klub sepakbolanya, bahkan seluruh warga dari berbagai kota di Jawa Barat pun sangat mengidolakan klub sepakbola yang telah berdiri sejak  tahun 1933 ini. Persib memang pantas menjadi kebanggaan masyarakat Kota Bandung dan Jawa Barat, karena prestasinya di masa lalu yang membanggakan. Walaupun kini Persib Bandung masih belum cukup bersinar sepertu dahulu, para pendukung Persib atau yang biasa disebut dengan Bobotoh tidak henti-hentinya mendukung klub kesayangan mereka tersebut. Sebagai klub yang besar, Persib Bandung tentunya memiliki stadion yang mampu menampung ribuan supporternya di setiap pertandingan yang diadakan di Bandung. Bahkan, Persib Bandung tercatat memiliki tiga buah stadion sepakbola, yaitu Stadion Siliwangi, Stadion Si Jalak Harupat, dan Stadion Gedebage.

Stadion Siliwangi merupakan stadion utama yang digunakan Persib Bandung sejak tahun 1956, yang terletak di Jalan Lombok Bandung. Namun, Persib terpaksa harus meninggalkan Stadion Siliwangi sebagai markas mereka setelah terjadi kerusuhan ketika menjamu Persija Jakarta pada tahun 2008. Pada awalnya, Stadion Siliwangi hanya digunakan untuk pembinaan jasmani Kodam III/Siliwangi, karena stadion ini memang milik Kodam III/Siliwangi, bukan milik Pemprov Jabar atau Pemkot Bandung. Karena Bandung pada waktu itu belum memiliki stadion yang cukup besar untuk menggelar kegiatan olahraga khususnya sepakbola, maka pada tahun 1956 Stadion Siliwangi diresmikan sebagai markas utama klub sepakbola Persib Bandung. Stadion yang memiliki kapastias tempat duduk untuk 25.000 penonton ini merupakan kebanggaan warga Bandung. Bahkan hingga ada yang mengatakan, “Jangan pernah merasa menjadi bobotoh bila belum pernah menonton secara langsung ‘Sang Maung’ di Stadion Siliwangi”.

Stadion yang kini dijadikan markas utama Persib Bandung adalah Stadion Si Jalak Harupat. Si Jalak Harupat merupakan nama julukan salah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Bojongsoang, Bandung yaitu Otto Iskandardinata. Stadion megah yang didirikan pada 26 April 2005 ini memiliki kapasitas yang cukup besar yang mampu menampung sebanyak 40.000 penonton. Stadion Si Jalak Harupat sendiri berlokasi di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Selain Persib Bandung, klub sepakbola lain yang merupakan wakil Kabupaten Bandung, Persikab Bandung, juga menggunakan stadion ini sebagai markas utamanya. Stadion ini memiliki fasilitas bertaraf internasional, mulai dari rumput jenis zoyzia matrella lin mer yang bisa meminimalkan cedera pemain bola, lampu lapangan berkekuatan 1.000 lux, papan skor elektronik, trek lari 8 lintasan, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Stadion ini juga pernah digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Asia AFC 2007.

Stadion Gedebage adalah sebuah stadion olahraga yang masih sedang dalam tahap pembangunan, berlokasi di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Jika semua berjalan sesuai dengan rencana, stadion ini akan diresmikan pada tanggal 31 Desember 2012. Sebagai stadion bertaraf internasional, stadion ini memiliki berbagai fasilitas kelas satu untuk urusan sepakbola. Selain lapangan dengan rumput jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yang merupakan rumput kelas satu standar FIFA, stadion ini juga memiliki lapangan atletik, kantor, sirkulasi, tribun atap full keliling, servis, big screen dan kursi tahan api. Stadion Gedebage memiliki 38.000 kursi penonton, walaupun sebenarnya stadion ini dapat menampung 72.000 penonton bila tanpa kursi. Stadion ini akan menjadi markas utama Persib Bandung mulai musim kompetisi 2013 mendatang.

Kota Bandung sebagai kota sepakbola, tentunya memiliki berbagai macam stadion megah dan historis. Persib Bandung telah berlaga di Stadion Siliwangi sejak dulu hingga 2008. Kini, Persib bermarkas di stadion megah di pinggiran Kota Bandung, yaitu Si Jalak Harupat. Adapun kini sedang dibangun stadion baru khusus untuk menggelar pertandingan Persib Bandung, yaitu Stadion Gedebage. Dengan berbagai stadion megah yang terdapat di Kota Bandung, kini Bobotoh semakin tidak sabar untuk menanti kejayaan kembali Persib Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *