Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Bandung adalah surganya makanan. Berwisata kuliner di Bandung, dijamin Anda akan disuguhi berbagai macam sajian makanan yang unik, menarik, dan tentunya enak. Apakah makanan khas Bandung yang paling Anda ketahui? Terlintas dalam pikiran peuyeum, kuliner Bandung yang satu ini memang sudah berpuluh-puluh tahun menjadi primadona oleh-oleh atau makanan khas yang lekat dengan Kota Kembang ini. Yup! Peuyeum Bandung.

Bandung adalah daerah yang dikelilingi oleh pegunungan sehingga cuacanya dingin. Terkait dengan hal tersebut, menurut sejarahnya peuyeum Bandung banyak dibuat karena pada zaman dulu terdapat banyak pohon singkong di Bandung, maka orang-orang zaman dulu memanfaatkannya dengan cara mengolah makanan yang berbahan dasar singkong menjadi  peuyeum, karena peuyeum dipercaya mampu menghangatkan tubuh. Khasiat tersebut didapati akibat hasil fermentasi. Peuyeum banyak dikenal sebagai tapai atau tape. Makanan khas Jawa Barat ini merupakan salah satu kuliner Bandung yang sangat terkenal sejak dahulu hingga kini. Kata peuyeum itu sendiri berasal dari bahasa Sunda, orang sering menyebutnya peuyeum sampeu yang berarti tape singkong. Metode pembuatan peuyeum sampeu yaitu dengan cara mengukus singkong sampai matang kemudian ketika dingin ditutupi dengan ragi dan disimpan di wadah tertutup selama 2 – 3 hari. Ragi digunakan untuk memfermentasi berbagai jenis karbohidrat, salah satunya singkong sehingga menjadi peuyeum. Setelah itu peuyeum sampeu sudah bisa dimakan. Makanan ini menggunakan cara fermentasi tradisional. Peuyeum bisa dibuat dari berbagai sumber karbohidrat lain contohnya seperti beras ketan.

Peuyeum memang sangat terkenal di Bandung. Biasanya para pengunjung dan wisatawan, baik lokal dan bahkan turis mancanegara pada saat liburan atau berkunjung ke Bandung mereka selalu membeli peuyeum sebagai oleh-oleh baik untuk tetangga, kerabat, atau keluarganya di kota asal mereka. Peuyeum yang bisa Anda temui di Bandung bukan hanya peuyeum sampeu, namun salah satu kuliner Bandung lainnya yang terbuat dari beras ketan dan prosesnya hampir sama seperti membuat peuyeum sampeu yang difermentasi dengan ragi yaitu peuyeum ketan.  Peuyeum ketan pun banyak sekali peminatnya. Rasanya yang manis dan masam membuat ketagihan lidah sebagian orang. Namun, peuyeum sebenarnya bukan hanya berasal dari Bandung, daerah lain di Jawa Barat pun banyak yang membuat dan menyediakan aneka peuyeum sebagai makanan khasnya. Hanya karena peuyeum sempat fenomenal dan terkenal di Bandung, maka dari itu orang-orang lebih mengenal peuyeum Bandung.

Sayangnya saat ini kepopuleran peuyeum Bandung sudah banyak teralihkan dengan makanan lain yang lebih modern, seperti bolen dan brownies tentunya dengan penawaran rasa yang lebih bervariatif. Namun, beberapa orang kreatif mampu menggunakan peluang usaha di bidang kuliner, dan mengolah peuyeum Bandung menjadi makanan yang lebih menarik, seperti peuyeum bol. Peuyeum ini merupakan makanan berbahan dasar tepung terigu dan peuyeum sampeu (tape singkong) yang kemudian digoreng berbentuk bola-bola dengan ditaburi gula tepung halus. Ada lagi colenak (kepanjangan dari: dicocol enak). Kuliner bandung ini disajikan dalam bentuk potongan peuyeum sampeu yang dibubuhi bumbu kinca kelapa (gula merah yang dilarutkan dan dicampur dengan kelapa parut). Dengan begitu penikmat peuyeum Bandung tidak pernah surut.  Bahkan salah satu penganan favorit kebanyakan orang seperti brownies kini sudah bisa dikombinasikan dengan makanan tradisional peuyeum sampeu, maka namanya menjadi brownies peuyeum.

Anda bisa mudah menemukan jejeran penjual peuyeum sampeu di sepanjang jalan Cihampelas Bandung dan di beberapa toko oleh-oleh khas Bandung. Bahkan di pinggiran jalan lintas kota Bandung, penjual peuyeum Bandung masih mudah Anda temui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *