Oncom Bandung

Oncom Bandung

Oncom Bandung

Oncom Bandung

Oncom adalah salah satu makanan tradisional Jawa Barat (orang Sunda). Oncom terkait erat dengan tempe, keduanya adalah makanan fermentasi menggunakan cetakan. Oncom adalah makanan yang sebagian besar diproduksi dan dimakan di Jawa Barat. Oncom dan tempe adalah makanan yang terbuat dari kacang-kacangan yang telah difermentasikan selama satu hari penuh. Ada dua jenis utama dari oncom, hitam dan merah. Banyak hidangan yang bisa dibuat dari oncom, dan hal tersebut sudah umum karena Kita banyak menemukan variasi makanan yang menggunakan oncom.

Bahan yang digunakan untuk membuat oncom adalah adalah kacang kedelai, kacang tanah, kelapa dan singkong. Masing-masing menanamkan tekstur dan rasa yang sedikit berbeda. Paling sering, oncom hitam terbuat dari ampas kacang dan memiliki tekstur lebih lembut daripada jenis lainnya.

Oncom adalah bahan makanan yang dihasilkan dari proses peragian yang mirip dengan pembuatan tempe, namun menggunakan bahan baku dan jenis ragi yang berbeda. Walaupun proses pembuatannya mirip, namun dalam hal penampilan sangatlah berbeda. Oncom terlihat tidak menjanjikan apabila dibandingkan dengan tempe, hal ini terjadi karena terdapatnya endapan serbuk berwarna oranye hasil peragian di seluruh permukaan oncom, tentu penampilannya sangat berbeda dengan tempe yang cenderung putih mulus. Namun jika kandungannya dibandingkan tentu saja oncom lebih juara.

Walaupun oncom bisa didapati di kota-kota besar yang ada di Jawa Barat, namun kebanyakan oncom Bandung yang terpercaya hanya bisa didapatkan di kota Bandung. Hal ini lah yang membuat oncom Bandung tetap bertahan sebagai salah satu kuliner Bandung khas daerah.

Butiran kacang pada oncom mengalami proses fermentasi dan menghasilkan karakter rasa yang lebih kompleks dan cenderung lebih kuat. Berbeda dengan tempe, oncom sering diolah  mnejadi makanan basah karena teksturnya yang kering dan mudah hancur.

Hal yang membedakan kualitas oncom yang lainnya dengan oncom Bandung adalah kualitas kacang tanah dan kepadatan kandungan kacang tanah. Oncom bisa dimasak untuk berbagai jenis olahan  masakan, seperti topping serabi, ulukutek leunca, nasi tutug oncom, gorengan oncom, pepes oncom, dan bahan baku sambel (sambal oncom). Sambal oncom seringkali dipakai untuk topping serabi, nasi kuning, dan sambel cocol untuk ulen (ketan bakar). Bahkan racikan oncom pedas biasa dijadikan juga sebagai isian lontong, atau comro (asal kata “oncom di jero” atau oncom di dalam).

Anda bisa dengan mudah mendapatkan dan memilih oncom dengan kualitas baik.  Oncom sangat mudah dicari, dan tentu saja bisa Anda beli dan dapatkan di pasar-pasar tradisional yang ada di Bandung. Anda tidak akan menemui kesulitan atau kendala berarti ketika mencari oncom Bandung. Untuk mendapatkan oncom berkualitas baik, Anda harus memperhatikan beberapa karakter dan cirinya. Biasanya oncom Bandung yang dijual selalu disertakan contoh oncom yang dipotong diagonal untuk dilihat penampilan penampang dan dalam si oncom. Anda harus melihat secara saksama. Tempat alternatif lainnya untuk membeli oncom adalah di kios atau toko khusus oleh-oleh khas kuliner Bandung. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi  samping Pasar Kosambi atau Pasar Baru. Untuk tempat-tempat yang baru saja disebutkan di luar jam pasar biasanya mereka memiliki stok berbagai penganan kuliner khas Bandung. Jika Anda ingin tempat yang lebih meyakinkan, Anda bisa mengunjungi supermarket atau hypermarket sebagai pilihan terakhir untuk mendapatkan oncom Bandung yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *