Braga Festival

Lebih Mengenal Bandung di Braga Festival

Braga Festival

Braga Festival

Dapat dikatakan bahwa setiap kota itu memiliki ruh, karena kota itu hidup, tumbuh, dan berkembang. Layaknya mahluk hidup, kota juga memiliki mekanisme kehidupan. Sebuah kota akan tetap hidup bila ruh nya dirawat dengan baik oleh masyarakatnya. Kota yang terawat dengan baik akan hidup dengan sehat. Pergaulan antar warga yang harmonis juga dapat membantu keseimbangan mekanisme kota. Untuk mendukung hal itu, dibutuhkan sebuah ruang publik dimana warga kota dapat bertemu, bercengkerama, bergaul, bersilaturahim. Atas dasar inilah, sebuah festival kota diperlukan untuk menjaga keharmonisan mekanisme kota tersebut. Berdasarkan latar belakang tadi, lahirlah sebuah festival yang diberi nama Braga Festival, yang dilaksanakan setiap tahun di kota Bandung.

Braga Festival merupakan event tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan Forum Estetika Kota (FESTA) Bandung, yang telah dimulai sejak tahun 2006. Festival ini dilaksanakan di sepanjang Jalan Braga panjang dan pendek serta lapangan parkir Cikapundung. Braga Festival melibatkan berbagai unsur masyarakat, mulai dari seniman, budayawan, musisi, perupa, pengrajin, desainer, artis-artis Kota Bandung dan negara sahabat, pelaku-pelaku pariwisata, pengusaha, dan berbagai unsur masyarakat lainnya. Kegiatan-kegiatan yang terdapat di Jalan Braga antara lain acara pasar rakyat, beragam aktivitas komunitas, dan penampilan dari Forum Musisi dan Penyanyi Indonesia (FOMPI). Selain itu juga ada Jalan Braga Pendek, dimana pelancong bisa menikmati beragam pameran UKM dan pertunjukan musik. Musik blues, jazz, dan musik tradisional Sunda  dipertunjukan disini. Beberapa agenda lain dari Braga Festival ini adalah pesta kreatifitas, ajang bisnis kreatif, panggung terbuka, kuliner, pameran kerajinan serta beberapa pementasan terbuka dari seniman-seniman Kota Bandung. Braga festival mengambil tema unik setiap tahunnya, tidak terkecuali pada festival tahun 2012 ini.

Mengusung tema “People to People”, Festival Braga 2012 mengajak pengunjung untuk lebih mengenal lebih dekat tentang kebudayaan Bandung dan kota-kota lain yang terkait. Tema People to People sendiri merupakan konsep diplomasi yang dilakukan oleh publik. Konsep ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar kota maupun negara di seluruh dunia dengan menggalang inisiatif publik di masing-masing negara untuk saling berhubungan dan berkomunikasi. Sejalan dengan konsep tersebut, Pemerintah Kota Bandung juga telah membangun jaringan kota yang dikenal sebagai sister city, baik secara nasional maupun internasional. Sister City merupakan suatu bentuk kerjasama yang melibatkan kota di suatu negara (dalam hal ini Kota Bandung) dengan kota di negara lainnya, yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan potensi kota masing-masing, serta meningkatkan rasa persaudaraan yang erat dan saling menguntungkan. Sister City Kota Bandung yang diundang tahun ini antara lain Braunchweig (Jerman), Hamamatsu (Jepang), Suwon (Korea Selatan), Liuzhou (Provinsi Guang Xi, China) dan Yingkau (Provinsi Lioning, China). Pada Braga Festival 2012 ini, para negara sahabat tersebut akan menurunkan beberapa kesenian tradisional mereka untuk memeriahkan acara.

Sebuah kota yang selalu berkembang pada hakikatnya membutuhkan partisipasi yang positif dari masyarakatnya. Untuk mendukung hal ini, diperlukan suatu wadah masyarakat dimana warga kota dapat mengekspresikan diri dan berkumpul. Braga Festival Bandung muncul sebagai wadah warga kota Bandung yang tidak hanya menampilkan kebudayaan Bandung, namun juga aspek-aspek kehidupan lain kota Bandung. Selain itu, Braga Festival 2012 ini juga memperkenalkan Sister City yang diharapkan dapat membantu upaya Kota Bandung dalam mempererat persaudaraan dengan kota-kota yang berasal dari negara lain. Dengan dilaksanakannya Braga Festival ini pada setiap tahun, diharapkan Kota Bandung dapat lebih dikenal baik oleh publik baik nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *