Komunitas Sahabat Kota

Komunitas Sahabat Kota

Komunitas Sahabat Kota

Komunitas Sahabat Kota

Kota bandung terkenal dengan segala keindahan dan keberagaman wisatanya. Daya tarik kota berjuluk kota kembang ini pun tidak lepas dari pemandangan alam hingga sumber kreatifitas. Banyak industri – industri kreatif yang lahir dari kota ini, seperti salah satunya indutri dibidang pakaian. Factory oytlet hingga distro bertebaran di setiap pojok kota Bandung.

Berbagai komunitas sosial pun tak kalah kreatif, mulai dari komunitas yang sifatnya menambah kesehatan hinga yang bersifat memberikan edukasi, seperti salah satu contohnya Komunitas Sahabat Kota. Komunitas sahabat kota adalah komunitas yang berdiri pada tahun 2008, yang dimana kegiatannya berfokus pada edukasi kreatif. Komunitas sahabat kota  berlokasi di Jalan Cimanuk No. 5 Bandung. Kegiatannya berfokus dengan mengajarkan kepada anak – anak terutama yang berada di Sekolah Dasar kota Bandung. Untuk melangsungkan kegiatannya, Komunitas Sahabat bandung mengajak para relawan lewat jejaring social seperti facebook atau twitter untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Hingga saat ini, komunitas Sahabat Kota sudah mempunyai relawan tetap kurang lebih 50 orang  dan beberapa orang anggota inti.

Komunitas sahabat kota memfokuskan kegiatannya untuk anak – anak sekolah dasar karena masih kurangnya infrastruktur untuk lebih meluaskan kegiatan ini pada tingkat anak – anak jalanan. Komunitas sahabat kota melakukan kegiatannya dengan secara langsung mengunjungi sekolah dasar, terutama sekolah yang belum memiliki kegiatan ekstrakulikuler dengan harapan siswa – siswa dapat tertambah wawasannya.

Kian berkembangnya organisasi ini, Komunitas sahabat kota telah menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas lain, seperti komunitas Aleut dan masih banyak lainnya. Modul – modul yang telah dibuat oleh Komunitas sahabat kota diantaranya tema kesehatan lingkungan seperti kesehatan lingkungan sekolah, jajanan sehat, air dan lain – lain.  Beberapa aktivitas rutin yang diselnggarakan komunitas sahabat kota diantaranya:

Edukasi kreatif

Komunitas sahabat kota mengajak kaum muda untuk belajar dan berkarya nyata dalam bidang edukasi dengan medampingi adik – adik sekolah dasar untuk memberikan wawasan lebih. Edukasi kreatif sendiri memiliki perngertian yaitu program kunjungan sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan lingkungan pada anak – anak pra-remaja (8-13 tahun). Edukasi kreatif berpedoman pada paket modul rancangan Komunitas sahabat kota, diantaranya modul air, makanan, peta hijau, dan sampah yang dikemas semenarik mungkin antara belajar, bermain serta menjelajah. Edukasi kreatif diadakan pada minggu ke-tiga setiap bulannya.

Kidsventure club (jelajah kota)

Kegiatan ini ditujukan untuk adik – adik berusia 8 – 13 tahun, dimana kegiatannya berupa pengenalan berbagai sisi kota Bandung melalui kegiatan bermain dan berpetualang. Biasanya kidsventure club diselenggarakan pada minggu ke-dua setiap bulannya.

Lingkar Belajar

Ini merupakan kegiatan tukar belajar yang diperuntukkan bagi remaja agar dapat saling menginspirasi satu sama lain. Forum ini memberikan kesempatan untuk berbagi pengetahuan, bertukar pikiran, maupun mencari berbagai ide kreatif.

Jelajah liburan

Merupakan campuran kegiatan antara edukasi kreatif dan jelajah kota (kidsventure Club) yang dikemas menjadi program liburan bagi adik – adik. Kegiatan jelajah liburan ini dilakukan sekali dalam setahun tepatnya pada liburan kenaikan kelas.

Training relawan

Pelatihan yang diberikan Komunitas sahabat kota bertujuan memperkenalkan nilai – nilai kerelawanan, meningkatkan kesadaran terhadap berbagai isu kota dan pembangunan, juga meningkatkan kapasitas kaum muda untuk membuat perubahan melalui jalur edukasi dan pedamping anak. Training relawan ini dilakukan 1 sampai 2 kali setiap tahunnya.

Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi blog resmi dari Komunitas sahabat kota yaitu kisahsahabatkota.wordpress.com, atau kunjungi beberapa jejaring social twitter dengan akun @sahabatkota dan facebook dengan nama akun Sahabat Kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *