Paguyuban Sapedah Baheula Bandung (PSBB)

Komunitas Ontel (Paguyuban Sapedah Baheula Bandung)

Paguyuban Sapedah Baheula Bandung (PSBB)

Paguyuban Sapedah Baheula Bandung (PSBB)

Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, adalah salah satu kota di Indonesia yang paling diminati oleh para wisatawan dari seluruh penjuru negeri ini sebagai destinasi untuk menghabiskan waktu berlibur mereka. Kota Kembang yang terkenal akan kota wisata belanja ini, di setiap akhir pekannya tak hanya diburu oleh wisatawan yang gemar berbelanja, tetapi juga diburu oleh mereka yang gemar berwisata kuliner. Betapa tidak, kota yang bersahaja ini memang merupakan surganya kuliner. Berbagai kuliner unik dan menarik dari seluruh pelosok negeri, mulai dari makanan-makanan khas asli daerah hingga yang sudah dimodifikasi, tersedia di Bandung. Tak hanya itu, Bandung juga merupakan kota yang menyimpan sejuta keunikan, mulai dari tempat-tempat wisatanya, acara-acara yang khusus digelar di Bandung, hingga komunitas-komunitas tertentu yang hanya ada di kota ini, yang salah satunya ialah Komunitas Sepeda Ontel, atau yang lebih dikenal dengan nama resminya yaitu Paguyuban Sapedah Baheula Bandung (PSBB).

Paguyuban Sapedah Baheula Bandung (PSBB) merupakan suatu komunitas pecinta sepeda ontel yang didirikan pada tahun 2004 di Kota Bandung. Bermula dari delapan orang penggemar sepeda ontel yang kerap bertemu di salah satu pasar loak di Bandung, kemudian timbul lah keinginan mereka untuk mendirikan suatu perkumpulan khusus pecinta sepeda antik ini. Pada awal terbentuknya komunitas ini, yaitu pada tahun 2004, jumlah anggotanya hanya terdiri dari 35 orang. Namun semakin hari komunitas ini kian berkembang. Bahkan sekarang, PSBB bukan hanya sekadar komunitas, tetapi juga merupakan suatu bagian dari masyarakat dan pemerintah Kota Bandung. Keterlibatan paguyuban ini juga tak hanya terjadi dalam kegiatan sosial dan lingkungan saja, tetapi juga sudah merambah ke dunia pariwisata, budaya, dan pendidikan. Selain itu, PSBB juga sudah memberikan kontribusi yang cukup tinggi dalam mengkampanyekan bahwa menggunakan sepeda itu ramah lingkungan dan dapat mengurangi polusi udara di Kota Bandung.

Paguyuban Sapedah Baheula Bandung (PSBB)

Paguyuban Sapedah Baheula Bandung (PSBB)

Kegiatan yang rutin dilakukan pada awal-awal terbentuknya paguyuban ini adalah Kumpul Bareng yang diadakan setiap hari Minggu, bertempat di depan Museum Geologi. Namun karena alasan beberapa hal, kemudian paguyuban ini memutuskan untuk berpindah tempat ke Car Free Day (CFD) yang berlokasi di Jl. Merdeka. Pada acara peresmian Car Free Day Dago, mereka pun menjadi salah satu pengisi acara tersebut. Hingga sejak saat itulah, mereka memutuskan untuk memilih CFD Merdeka sebagai tempat mereka berkumpul, bersilaturahmi, dan bertukar informasi seputar sepeda ontel. Kegiatan berkumpul lainnya yang kerap mereka lakukan ialah kumpul pada hari Rabu di sekretariat PSBB di Jl. A. Yani 286 guna membahas program kerja setiap minggunya. Dalam bidang sosial, kegiatan rutin yang mereka lakukan adalah konvoi ke PMI untuk melakukan donor darah yang diadakan setiap tiga bulan. Selain itu, mereka pun rutin berkontribusi dalam bidang pelestarian budaya yaitu dengan memakai batik di minggu pertama setiap bulan. Bahkan jauh hari sebelum UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia, PSBB sudah rutin menggunakannya. Paguyuban yang anggotanya berasal dari berbagai daerah ini, juga sering mengadakan kumpul bersama komunitas sepeda lainnya di Bandung, seperti komunitas sepeda Fixie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *