Komunitas Bicons

Komunitas Bicons

Komunitas Bicons

Komunitas Bicons

Kota Bandung memang merupakan kota yang tidak ada habisnya bila kita dibicarakan. Selain terkenal sebagai kota fashion, kuliner, dan anak muda yang kreatif, Kota Bandung juga memiliki begitu banyak komunitas yang unik. Salah satunya adalah komunitas Bicons yang akan dibahas pada artikel ini. Apakah Komunitas Bicons itu? Mari kita simak, Bicons sendiri merupakah sebuah singkatan dari Birds Conservation Society atau Klub Konservasi Burung dalam bahasa Indonesia nya.

Seperti yang sudah jelas tertera pada namanya, komunitas ini merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pelestarian lingkungan yang berada di kota Bandung. Komunitas Bicons  ini didirikan pada tanggal 24 September 1999 di pelopori oleh beberapa orang yang prihatin dan sangat peduli dengan pelestarian burung-burung dan habitatnya di perkotaan yang semakin kesini semakin terdesak keberadaannya.

Komunitas ini memiliki program SBW singkatan dari Sunday Bird Watching yang merupakan sebuah program rutin yang mengajak kita untuk menanamkan dan menambah kecintaan terhadap lingkungan sekitar dan untuk membangun kesadaran dari masyarakat kota tersebut. Program ini biasa diadakan setiap hari Minggu di Taman Ganesha sebrang ITB (Institut Teknologi Bandung) pada pukul 07.00 – 10.00 WIB. Selain program SBW, program rutin lainnya adalah Raptor Watch atau Pengamatan Migrasi Burung Pemangsa, yaitu kegiatan yang mengajak kita untuk melihat fenomena migrasi burung-burung yang berasal dari belahan bumi bagian Utara seperti Eropa, Cina, Jepang, dan daratan Amerika berpindah menuju bumi bagian Selatan salah satunya Indonesia yang selalu dilakukan oleh burung-burung setiap tahunnya. Dan program rutin yang terakhir adalah Pembuatan Kotak Sarang Burung. Pembuatan Kotak Sarang Burung dilakukan karena perkembangan pembangunan dikota tidak dibarengi dengan penanaman pohon kembali, banyak pohon yang digusur untuk dijadikan bangunan sehingga habitat alami burung-burung berkurang.

Selain kegiatan rutin diatas, Komunitas Bicons juga memiliki kegiatan yang lainnya yaitu program untuk mengumpulkan dana dan perkembangan jaringan dengan cara mengadakan: Bird Race, eits jangan salah, bird race  disini bukan berarti lomba menerbangkan burung lalu beradu kecepatan melainkan lomba pengamatan burung yang pesertanya merupakan pengamat burung dan pecinta lingkungan yang berasal dari berbagai macam daerah di seluruh Indonesia maupun luar negri. Selain itu ada pula kegiatan Outbond yang dilakukan oleh komunitas bicons untuk mengasah serta mengembangkan intelegensi, Challenge, dan juga Skill para peserta. Kegiatan lainnya adalah pembuatan peta tempat pengamatan burung terbaik di sekitar dengan cara mengumpulkan data di 9 lokasi pengamatan burung yang paling berpotensial di Kota Bandung lokasi tersebut dipilih berdasarkan keberadaan, berbagai macam jenis burung yang terdapat pada masing – masing lokasi. ke- 9 lokasi tersebut adalah di Kawah Putih, Gunung Puntang, Situ Lembang, Gunung Manglayang, Ranca Sepat – Ranca Ekek, Dago Pakar, Situ Patengan, Gunung Tangkuban Perahu, dan yang terakhir adalah di Taman Kota. Selain membuat peta tempat pengamatan burung terbaik, Komunitas Bicons juga mengadakan Bird Tour yang diadakan berkala dengan mengunjungi ke- 9 lokasi tersebut.

Tanggal 24 September kemarin Komunitas ini pun telah menginjak umur yang ke- 13. Bukan umur yang sebentar bukan? Ini berarti masih banyak masyarakat yang peduli terhadap lingkungan sehingga Komunitas ini masih bisa tetap berdiri.

Bila Anda tertarik untuk menjadi anggota komunitas ini caranya mudah. Karena Komunitas Bicons merupakan komunitas yang membebaskan siapa saja yang ingin menjadi anggotanya. Anda tinggal menghubungi nomor 022-6070139 atau datang langsung ke Jl. Paledang No. 21 Cibereum Bandung 40184, atau kunjungi websitenya di http://bicons.wordpress.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *