KICKFEST

KICKFEST, Usung Local Brand Fashion Jadi Tuan Rumah di Negara Sendiri

KICKFEST

KICKFEST

Memang tidak ada habisnya jika kita membicarakan Kota Bandung. Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, kota yang juga merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat ini tidak pernah kehilangan daya tarik yang membuat banyak pengunjung ataupun wisatawan untuk datang mengunjungi atau bahkan kembali lagi ke kota ini. Sebagaimana banyak orang tahu, Kota Bandung ini merupakan surga bagi para pencinta belanja, terutama para pencinta fashion dan mode. Di kota ini fashion dan mode banyak dikembangkan, bahkan Kota Bandung sempat dinobatkan sebagai kota terkreatif se-Asia Tenggara. Satu lagi bukti bahwa Kota Bandung merupakan kota fashion dan mode adalah kota ini merupakan tempat diadakannya salah satu event fashion yang cukup populer, yaitu KICKFEST.

KICKFEST merupakan sebuah acara clothing expo indie tahunan yang di dalamnya terdapat pameran dari brand-brand lokal ternama. Selain itu, acara KICKFEST itu sendiri pun memiliki keunikan dimana tidak hanya menampilkan berbagai produk fashion dari berbagai macam clothing lokal dan distro, tetapi juga menyelenggarakan acara musik yang kebanyakan diisi oleh grup-grup band indie yang berkualitas.

Kickfest Bandung

Kickfest Bandung

Acara KICKFEST sendiri diadakan oleh Kreative Independent Clothing Kommunity atau KICK, yang merupakan merupakan forum bisnis para pengusaha clothing lokal dan distro yang tersebar di tujuh kota besar seperti Jakarta, Bandung, Malang, Solo dan Jogja.

Perhelatan KICKFEST yang dilaksanakan di Kota Bandung ini merupakan yang kelima kalinya diadakan sejak KICK berdiri pada tahun 2006 lalu. Kickfest yang diisi ratusan booth industri fashion lokal dan distro ini digelar sebagai bentuk pergerakan nasionalisme khas anak muda untuk menjadikan local brand fashion menjadi tuan rumah di negara sendiri. Acara KICKFEST yang diawali pada 2008 lalu ini selalu mengusung tema-tema yang berbeda tiap tahunnya. Untuk tahun 2012 ini, KICKFEST mengangkat tema Music, Fashion & Street. Tema tersebut diusung dalam perhelatan KICKFEST tahun ini dimana para pelaku brand fashion independent sebagian besar terinsipirasi oleh kehidupan para kaum anak muda di jalanan kota besar, mencakup komunitas industri musik, komunitas olahraga jalanan, dan berbagai komunitas pemuda lainnya yang tumbuh di jalanan kota-kota di Indonesia.

KICKFEST sendiri tidak main-main dalam mempertunjukkan booth fashion-nya dengan memberlakukan regulasi yang ketat bagi industri fashion dan distro yang menjadi pengisi ratusan booth dalam festival ini. Mereka wajib menjaga kualitas produk dan tidak sembarangan menampilkannya dengan mengutamakan kreasi, inovasi, dan inspirasi, sehingga industri local clothing mampu menjadi pergerakan kreatif di tanah air. Terdapat sekitar 140 brand dalam 80 booth yang turut meramaikan gelaran KICKFEST kali ini, diantaranya seperti Ouval, Evil, NLS, Unkl347, Blankwear dan masih banyak lagi.

Sesuai dengan tema Music, Fashion & Street, KICKFEST yang diadakan di Lapangan Gasibu Bandung pada tanggal 12-14 Oktober juga ikut mengusung musik dari band-band indie untuk mempertunjukkan kreativitas mereka di panggung utama KICKFEST. Berbagai nama-nama band indie yang berkualitas seperti Photoponic, PAYUNG TEDUH, MESIN TEMPUR, DONLEGO, Molekul, Sarah n Soul, dan banyak lagi band indie lainnya ikut meramaikan acara KICKFEST. Dengan datang dan membayar tiket masuk seharga Rp 15.000, para pengunjung pun dapat ikut berkontribusi untuk mengapresiasi grup yang terlibat dalam acara KICKFEST. Tahun ini juga dirilis 3 album kompilasi dengan lintas genre yang dibagikan secara cuma-cuma bagi pengunjung dengan menukarkan tiket masuk.

Selain banyaknya booth fashion yang menarik dan pagelaran musik indie, panitia KICKFEST juga menyiapkan lebih dari 22 booth kuliner berkualitas. Masing-masing booth wajib menampilkan makanan yang berbeda dengan booth lainnya dengan menyajikan kuliner yang benar-benar enak dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *