Keripik Tempe Bandung

Keripik Tempe Bandung

Keripik Tempe Bandung

Keripik Tempe Bandung

Bandung memang merupakan tujuan utama dalam segala hal. Dalam hal wisata, tempat wisata di Bandung tidak ada habisnya, di bidang makanan apalagi, berbagai tempat makanan yang menyajikan kuliner khas Bandung berjejer menarik hati. Enaknya, banyak kuliner Bandung yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bandung.

Berbagai macam cemilan Bandung populer untuk dijadikan oleh-oleh, seperti Brownies, Pisang Molen, Tempe, Batagor, dan lain-lain. Diantara beberapa oleh-oleh Bandung ini yang paling sering dijadikan buah tangan adalah Keripik Tempe Bandung. Makanan tradisional Indonesia yang diolah dengan bumbu turun temurun ini adalah makanan wajib bagi mereka yang hobi ngemil.

Tempe segar yang dipotong tipis-tipis lalu direndam dengan bumbu dapur seperti garam, asem, dan bumbu lainnya lalu dicelupkan ke adonan tepung dan digoreng garing. Begitu digigit akan terasa kerenyahannya.

Untuk keripik tempe Bandung ini, Anda bisa membelinya di berbagai tempat, salah satunya di Pasar Baru – Stasiun Hall, Bandung. Biasanya keripik ini dibeli oleh mereka yang akan pulang ke daerah yang menggunakan jasa kereta api di Stasiun Hall. Dari tahun ke tahun permintaan keripik tempe dan penjualan keripik tempe Bandung semakin meningkat. Keripik yang nikmat, gurih dan rasanya renyah ini biasanya dijual dalam satuan kilogram atau per bungkus. Harganya pun bersaing, kisaran kurang lebih Rp 30.000 per bungkusnya.

Diantara berbagai macam merk keripik tempe Bandung yang beredar di pasaran, ada satu produk yang unik karena menggunakan nama salah satu tokoh yang familier di tanah Sunda yaitu mang Cepot Astra Jingga. Keripik Tempe ‘Mang Cepot’ diklaim berbeda dari keripik tempe lainnya karena diolah dengan menggunakan bahan dari warisan leluhur. Keripik tempe ‘Mang Cepot’ ini juga tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Sedikit tips dari Mang Cepot untuk Anda yang ingin membuat sendiri keripik tempe Bandung, pilihlah tempe yang berwarna putih bersih dan kepadatan kacang kedelai yang rapat tidak berwarna lebam. Kacang berwarna kekuningan. Pilih tempe yang sudah sempurna fermentasinya karena ada beberapa kasus produksi tempe yang masih belum sempurna proses peragiannya sudah dilempar ke pasaran sehingga saat diiris tempe akan hancur. Khusus untuk keripik tempe Bandung pilihlah tempe yang fresh atau belum lama disimpan karena akan mengurangi rasa keripik itu sendiri.

Karena banyaknya produsen keripik tempe Bandung yang beredar, maka masing-masing dari mereka memikirkan strategi terbaru agar keripik tempe produksi mereka laku di pasaran. Ada yang memberi tambahan keju pada keripik tempenya sehingga disebut keripik tempe keju.

Keripik tempe ini rasanya nikmat sekali saat dimakan bersama nasi panas. Namun disantap tanpa nasi juga sama enaknya. Apalagi dimakan saat cuaca dingin, kres kres. Nikmat sekali rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *