Maicih

Keripik Fenomenal Maicih

Maicih

Maicih

Salah satu kuliner Bandung yang sedang fenomenal saat ini adalah ‘keripik setan’ bermerk Maicih. Belum genap dua tahun cemilan pedas ini sudah membuat banyak orang penasaran. Saat ini Keripik pedas Maicih menjadi ikon jajanan yang fenomenal di kalangan anak muda di Kota Bandung.

Reza Nurilham atau yang akrab dengan sapaan Axl adalah pencetus gagasan dan juga sekaligus pemilik keripik pedas Maicih. Axl adalah seorang pemuda biasa yang berusia 23 tahun, dialah yang memperkenalkan dan juga mempopulerkan kuliner Bandung ini. Axl menemukan resep keripik pedas yang gurih dan enak ini dari seorang emak-emak atau nenek-nenek yang ternyata sebenarnya bukan bernama Maicih. Nama Maicih sendiri dibuat oleh axl agar mudah diingat orang. Axl bertemu dengan nenek ini sekitar tiga tahun yang lalu di daerah Cimahi, saat itu si nenek sedang menjual keripik setannya. Si nenek menjual keripik setannya hanya pada saat-saat tertentu saja, jadi si nenek tidak menjual keripik setannya secara komersil.

Tapi pada saat perkenalan itu Axl tidak langsung memproduksi keripik setan si nenek. Axl mulai memproduksi keripik pedas ini tepatnya pada tanggal 29 Juni 2010. Axl mengatakan bahwa keripik pedas Maicih saat ini sudah terkenal di kalangan perkulineran dan juga sudah tersebar di kota-kota luar Bandung. Axl mulai memasarkan keripik pedas Maicih dengan lima macam level, namun saat ini keripik pedas Maicih sudah terdiri dari 10 level. Untuk level 3 ditandai dengan logo berwarna abu-abu yang berarti pedas biasa sementara level 5 ditandai dengan logo yang berwarna merah yang berarti pedas sekali. Setelah tiga bulan berjalan, ternyata konsumen lebih banyak menyukai level 3 dan level 5.

Bentuk keripik pedas Maicih seperti singkong biasa, hanya saja ditaburi dengan bubuk lada yang terlihat jelas. Rasa dari keripik pedas Maicih sangat gurih dan renyah dipadu dengan racikan bumbu rahasia yang membuat penggemar cemilan super pedas ini menjadi ketagihan. Axl menginginkan keripik pedas maicih bukan hanya sekadar sebagai kuliner khas Bandung saja atau sekadar oleh-oleh Bandung, tetapi Axl juga ingin keripik pedas Maicih dapat menjadi camilan yang selalu dibutuhkan atau menjadi suatu kebutuhan.

Keripik pedas Macih dibungkus secara eksklusif dengan harganya yang terbilang cukup terjangkau dan dapat dijadikan sebagai teman untuk makan. Kuliner Bandung ini merupakan keripik online terbesar yang berasal dari kota Bandung. Keripik pedas Maicih dipasarkan melalui Facebook dan Twitter. Di situs jejaring sosial Facebook dan Twitter tidak pernah habisnya orang-orang membahas keripik pedas Maicih, hingga muncul perkumpulan para penggemar keripik pedas Maicih dengan nama Icihers. Walaupun pemasarannya hanya melalui online, namun hasilnya sangat luar biasa, sehingga membuat seorang pemuda biasa seperti Bob, pencetus Maicih dengan logo bungkus keripik pedas menghadap depan, dan Axl, pencetus logo bungkus keripik pedas menghadap ke samping, berubah menjadi pengusaha sukses, padahal awalnya mereka adalah seorang pemuda biasa saja.

Awalnya omset keripik pedas Maicih hanya belasan juta rupiah namun dengan waktu yang cukup singkat berubah dengan cepat menjadi milyaran rupiah. Kuliner Bandung ini awalnya dianggap biasa-biasa saja oleh sebagian orang tetapi sekarang banyak orang yang berlomba-lomba membuka usaha sejenis dengan merk yang berbeda-beda tentunya. Namun tetap saja pada umumnya orang lebih mengenal dan mencari keripik pedas dengan merk Maicih dibandingkan dengan merk yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *