Indieyo

IndieYo, Komunitas Yo-yo di Bandung

Indieyo

Indieyo

Bagi beberapa orang, yo-yo adalah mainan yang hanya pantas dimainkan oleh anak kecil saja. Padahal sejatinya yo-yo adalah mainan yang bisa dimainkan oleh siapa saja. Tua maupun muda usianya, sah sah dan pantas saja jika orang tersebut hobi bermain atau sekedar mengoleksi yo-yo. Apalagi di era sekarang ini, berbagai macam yo-yo beraneka bentuk beredar di pasaran. Ada yang masih berbahan kayu, namun ada juga yang sudah terbuat dari plastik. Harganya pun beraneka ragam, dari yang termurah hingga yang termahal.

Nah, untuk Anda pecinta yo-yo, di kota Bandung terdapat satu komunitas tempat berkumpulnya orang orang pecinta yo-yo. Komunitas yang diberi nama “INDIEYO” ini merupakan komunitas pertama bagi pecinta yo-yo di kota Bandung.

IndieYo dibentuk pada tanggal 9 Februari 2008. Pada awalnya kumpulan pecinta yo-yo ini belum terpikir untuk membentuk komunitas yang terstruktur. Hal ini dikarenakan memang pada dasarnya mereka hanya ingin bersenang-senang dan berbagi informasi seputar yo-yo dan cara perawatannya. Namun kemudian ketika jumlahnya mulai bertambah, akhirnya dibentuklah komunitas yo-yo untuk regional kota Bandung dengan mengusung nama IndieYo yang masih merupakan bagian dari komunitas yo-yo Indonesia.

Indieyo

Indieyo

Setelah terbentuk IndieYo, jumlah anggota komunitas ini pun semakin bertambah. Untuk anggota yang tercatat berlokasi di kota Bandung sendiri ada lebih dari 30 orang anggota, namun jumlah anggota yang aktif dan sering melakukan gathering mungkin sekitar 15 sampai 20 orang. Anggota komunitas ini pun terdiri dari semua kalangan, karena IndieYo sendiri tidak member syarat khusus untuk ikut berkumpul dengan IndieYo, tidak harus jago bermain yo-yo, yang terpenting memiliki rasa ketertarikan pada yo-yo.

Bagi teman-teman yang berminat untuk ikut bergabung, bisa langsung join di group Facebook mereka yang sudah memiliki tidak kurang dari 580 orang anggota. Atau bisa juga lewat email di indieyo.bdg@gmail.com. Biasanya IndieYo melakukan gathering di Cihampelas Walk depan Embassy, atau di Paris Van Java. Saat gathering biasanya para anggota IndieYo saling berbagi informasi terbaru tentang yo-yo yang mereka miliki. Mulai dari yo-yo seri terbaru, cara perawatan yo-yo yang gampang gampang susah, hingga info kontes, info toko spare part khusus yo-yo dan gathering berikutnya.

Selain gathering antar anggota komunitas, ternyata IndieYo sendiri pernah juga mengisi acara di layar kaca. Salah satunya adalah di acara Surat Sahabat di Trans TV. Untuk menambah erat persahabatan antar sesama anggota komunitas, IndieYo berencana untuk membuat T-Shirt dengan tema yo-yo. T-Shirt yang berwarna putih ini bertema edisi TUTORIAL. Gambar depan T-Shirt berupa logo Indie-Yo dan di bagian belakang kaus terdapat gambar berupa tutorial trik sederhana yang biasa dilakukan dalam permainan yo-yo. Saat ini baru dibuat 1 desain dengan trik Double or Nothing. T-shirt ini hanya akan dibuat sebanyak 24 pcs jadi memang sangat eksklusif dan tidak pasaran.

Untuk Anda yang ingin belajar caranya bermain yo-yo namun berlokasi di luar kota Bandung, jangan khawatir, karena IndieYo sering mengupload tutorial bermain yo-yo dan trik-trik bermain yo-yo. Anda bisa menonton video tersebut di website youtube, cukup ketik saja “IndieYo” maka akan muncul deretan video yang telah diupload oleh komunitas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *