Curug Tilu

Curug Tilu

Curug Tilu

Curug Tilu

Kota Bandung merupakan surganya bagi para wisatawan. Liburan di Bandung dapat dinikmati di beragam jenis wisata yang ada di kota ini. Salah satu objek wisata yang cukup populer di kota Bandung adalah wisata air terjun. Air terjun merupakan salah satu pesona keindahan alam yang terbentuk secara alami. Air terjun disebut juga curug dalam Bahasa Sunda. Jawa Barat, khususnya Bandung, memiliki banyak curug alami yang indah yang sebagian besar telah dijadikan objek wisata oleh pengelola setempat. Diantara sekian banyak curug di kawasan Bandung, salah satu yang selalu ramai dikunjungi adalah Curug Tilu.

Curug Tilu merupakan air terjun yang berada di area wahana wisata CIC (Ciwangun Indah Camp), di daerah Parongpong, Lembang. Ciwangun Indah Camp (CIC) adalah tempat wahana wisata keluarga yang bertemakan alam. Objek wisata yang berlokasi di kawasan Lembang ini dapat ditempuh dalam jarak 20 km atau 2 jam perjalanan dari pusat Kota Bandung. Tilu dalam Bahasa Sunda berarti tiga, yang menggambarkan tiga buah air terjun yang terdapat di kawasan ini. Curug Tilu memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan lebar sekitar 2 meter. Pada bagian bawah air terjun, terdapat kolam berkedalaman 3 meter. Pada bagian atas Curug Tilu, terdapat curug kecil bernama Curug Putri Layung dengan kolam alami yang cukup dalam dan luas. Untuk menuju lokasi curug, pengunjung diharuskan untuk berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 4 km dari pintu gerbang Ciwangun Indah Camp. Fasilitas yang tersedia di kawasan CIC hingga Curug Tilu cukup lengkap, hal ini dikarenakan curug ini berada di dalam kawasan yang sering digunakan untuk keperluan berkemah dan outbound keluarga. Selama perjalanan dari area parkir menuju Curug Tilu, pengunjung akan menemui banyak curug-curug kecil yang tidak terlalu tinggi. Sepanjang perjalanan menuju Curug Tilu pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan yang indah, tebing-tebih basah dengan tetesan-tetesan air, jembatan-jembatan bambu yang alami, sangat natural. Kelelahan setelah berjalan kaki cukup jauh akan hilang setibanya di Curug Tilu. Suara derasnya air terjun dan embun yang menerpa wajah membuat badan menjadi segar kembali. Curug Tilu memang indah, tetapi bagi yang tidak terbiasa hiking, ada baiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu.

Perjalanan menuju Curug Tilu cukup berat, pengunjung akan dituntut untuk naik turun melintasi bukit dengan kondisi jalur lintasan yang kebanyakan masih berupa jalur terjal tanah licin. Selain itu tidak semua pijakan tanah di jalan setapak itu sudah dilapisi batu atau bilah-bilah bambu. Ada beberapa tips yang perlu diketahui untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan menuju Curug Tilu. Pengunjung disarankan untuk makan terlebih dahulu, karena rute cukup jauh sehingga diperlukan banyak energi. Disarankan juga untuk membawa baju ganti, karena kemungkinan besar pakaian akan terkena air. Agar dapat mencengkram tanah yang basah dan licin, disarankan untuk menggunakan alas kaki yang terbuat dari karet, seperti sendal jepit atau sendal gunung karet. Jangan ragu untuk sesekali membungkuk atau merangkak dengan tangan untuk menggapai batu-batu atau pohon-pohon di area yang curam. Di lokasi Curug Tilu tidak diperbolehkan untuk berenang karena di dasar curug itu terdapat banyak kerikil bersudut tajam serta batu-batu besar yang permukaannya licin.

Curug Tilu merupakan tempat liburan di Bandung yang sangat cocok bagi para pecinta wisata alam. Air terjun atau curug memang memiliki daya tarik tersendiri dengan airnya yang jernih dan pemandangan alam yang asri disekitarnya. Walaupun dibutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk mencapai lokasi, semua itu akan hilang begitu mendengar suara derasnya air terjun dan berendam di aliran sungainya yang jernih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *