Curug Maribaya

Curug Maribaya

Curug Maribaya

Curug Maribaya

Kota Kembang Bandung memang tak ada duanya dalam hal menghabiskan waktu liburan. Jika kita melirik lebih jauh lagi, ibu kota Provinsi Jawa Barat yang terkenal akan wisata kulinernya ini merupakan kota yang tidak pernah berhenti berinovasi. Di Bandung, hampir setiap waktunya selalu bermunculan tempat-tempat unik dengan konsep baru dan berbeda, baik itu dalam hal kuliner, wisata belanja, maupun tempat-tempat liburan keluarga. Berbicara mengenai tempat liburan di Bandung, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan tempat-tempat liburan seperti Trans Studio Bandung, Tangkuban Parahu, Kawah Putih, atau Observatorium Bosscha. Namun pernahkah Anda mengunjungi tempat-tempat dengan keindahan alam berupa air terjun di Bandung?

Di kawasan Bandung terdapat beberapa tempat wisata alam air terjun, atau yang biasa disebut masyarakat setempat curug. Bandung dan kawasan sekitarnya memang berlokasi di daerah yang dikelilingi pegunungan, maka tak heran di sekitarnya banyak terdapat tempat wisata alam berupa curug tau air terjun. Beberapa tempat liburan di Bandung dan sekitarnya yang menyuguhkan keindahan alam air terjun diantaranya Curug Cinulang, Curug Malela, Curug Tilu, Curug Cimahi, dan Curug Maribaya. Satu diantaranya yang akan dibahas pada artikel ini adalah Curug Maribaya yang sudah cukup tersohor di daerah Bandung.

Curug Maribaya berlokasi di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Curug yang hanya berjarak kurang lebih 8 km dari pusat Kota Bandung ini merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata keluarga yang menyajikan keidahaan alam berupa air terjun, sumber air panas, dan taman yang berlokasi di daerah pegunungan yang indah nan sejuk. Tempat yang memiliki ketinggian mencapai 1000 m di atas permukaan laut ini selalu ramai dikunjungi oleh keluarga yang sedang berlibur ke Bandung, khususnya pada akhir pekan dan saat-saat liburan sekolah tiba. Panorama alam pegunungan dan air terjun yang disuguhkan Curug Maribaya memang sangatlah indah. Selain panorama pegunungan dan air terjun, Curug Maribaya pun menyuguhkan daya tarik berupa sumber mata air panas yang diyakini dapat mengobati beberapa penyakit karena kandungan mineral belerangnya yang cukup tinggi. Agar dapat menikmati nyamannya berendam di sumber mata air panas ini, pengunjung telah disediakan beberapa kolam air panas yang dapat dipakai bersama dan beberapa kamar mandi kolam air panas yang diperuntukkan bagi wisatawan yang membutuhkan privasi. Daya tarik utama dari tempat wisata ini tentunya berupa air terjun atau curug. Di Maribaya sendiri sebenarnya terdapat beberapa curug yang diantaranya yaitu Curug Omas, Curug Cikoleang, Curug Cigulung dan Curug Cikawari. Pengunjung yang datang ke sini biasanya lebih memilih untuk bermain di sekitar Curug Cikawari, karena dasar air di curug tersebut tidak terlalu dalam, sehingga cukup aman bagi anak-anak. Curug Omas merupakan curug lainnya yang lebih besar, berlokasi tak jauh dari Maribaya. Jika berminat ke Curug Omas, Anda perlu memasuki kawasan Taman Hutan Raya Juanda.

Fasilitas yang disediakan di daerah wisata Curug Maribaya ini sudah cukup lengkap. Fasilitas tersebut diantaranya berupa toilet, mushola,, tempat peristirahatan, area bermain anak, dan lahan parkir yang cukup luas. Harga tiket masuk ke kawasan ini pun sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.250,- untuk tiket perorangan, dengan tambahan biaya sebesar Rp. 1.300,- untuk kendaraan roda dua atau Rp. 3.800,- untuk mobil pribadi. Sedangan untuk berendam di kolam pemandian air panas, Anda hanya akan dikenai biaya sebesar Rp. 2.500,- untuk dewasa dan Rp. 1.000,- untuk anak. Sangat terjangkau bukan? Jika Anda dan keluarga sedang merencanakan liburan di Bandung, tak ada salahnya untuk mengunjungi Curug Maribaya. Selain dapat mengenalkan keindahan alam air terjun pada anak-anak Anda, Anda dan keluarga juga dapat menikmati nyamannya berendam di kolam sumber air panas alami sambil menikmati sejuknya kawasan pegunungan Kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *