Car Free Day Dago

Car free day Dago

Car Free Day Dago

Car Free Day Dago

Liburan di bandung, merupakan tema liburan terpopuler di kalangan remaja maupun keluarga. Bandung dengan udara yang segar dan bersih menjadi daya tarik para pengunjung. Belum lagi Kota kembang satu ini menjadi ikon kota mode di Indonesia, dengan masyarakat Bandung yang selalu up to date akan fashion sehingga menunjang berkembangnya factory outlet dan distro-distro yang mampu memanjakan hasrat berbelanja setiap pengunjung.

Tidak hanya memanjakan hasrat berbelanja Anda saja, Kota bandung juga menawarkan berbagai jenis sajian makanan lezat. Sangat mudah bagi Anda untuk menemukan sajian lezat asli tanah Sunda hingga sajian bertaraf international. Makanan-makanan khas yang ditawarkan Kota Bandung diantaranya batagor, aci goreng isi, siomay, nasi bakar, mie kocok, serabi dan masih banyak sajian menarik lainnya.

Jika liburan Anda di Bandung bertepatan dengan hari Minggu, bisa dikatakan Anda beruntung. Karena setiap minggu di pagi hari, Kota Bandung selalu mengadakan kegiatan rutin yaitu car free day. Ternyata car free day tidak hanya diadakan di Jakarta, di Bandung pun terdapat dua lokasi yang berpartisipasi dalam kegiatan car free day. Tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda atau yang biasa dikenal Dago dan di Jalan Buah Batu yang dimana secara rutin selalu mengadakan acara tersebut di akhir pekan. Di sepanjang ruas jalan Ir. H. Juanda dipadati stand dan grup musik yang meramaikan dan memeriahkan car free day di kawasan ini. Berbagai atraksi hasil kreatifitas anak Bandung ditampilkan, mulai dari tarian tradisional, modern dance, kabaret, pertunjukkan pencak silat, dan masih banyak lagi. Demikian pula dengan stasiun-stasiun radio swasta di Bandung, mereka meramaikan acara ini dengan mengadakan on air radio di arena car free day. Car free day Dago biasanya dimulai pukul 6 pagi hingga pukul 10 menjelang siang.

Car free day atau yang dikenal dengan sebutan hari bebas kendaraan bermotor ini bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan kendaraan bermotor. Tema yang diangkat car free day adalah tinggalkan kendaraan bermotor Anda di rumah dan berjalan kaki atau gunakan kendaran non bermotor, misalnya sepeda ataupun dengan menggunakan kendaraan umum. Jadi pada area car free day diberlakukan larangan melintas bagi kendaraan bermotor roda dua, empat, atau lebih. Sehingga yang diperbolehkan melintas hanya pejalan kali dan orang yang bersepeda.

Dengan adanya kegiatan car free day, menurut penelitian dari tahun ke tahun sudah terjadi peningkatan kualitas udara dan penurunan pencemaran udara. Hal ini terlihat dari presentase menurunnya konsentrasi pencemaran yang cukup signifikan. Mengingat pertumbuhan kendaraan yang terus miningkat, maka perlu diupayakan pengendalian gas karbon yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor.

Kegiatan car free day yang diberlakukan sejak Mei 2010 ini merupakan upaya yang sangat baik dalam menekan tingkat polusi yang ada di kota Bandung, selain itu menjadikan tubuh kita lebih segar dan bugar dengan berolahraga di area yang telah disediakan atau sekadar menikmati udara Kota Bandung di pagi hari. Karena sesuai dengan namanya, tempat ini benar-benar bebas polusi asap kendaraan pada jam tersebut. Selain kendaraan bermotor, di tempat tersebut juga diberlakukan larangan bagi pedagang kaki lima untuk berjualan.

Dengan adanya kegiatan car free day, diharapkan udara Kota Bandung bisa kembali bersih. Selain itu kegiatan ini dirasa sejalan dengan program lain yang dicanangkan pemerintah kota bandung, yaitu Bandung Green and Clean. Tidak ada salahnya bagi Anda yang sedang liburan di Bandung untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *