Bandung Cycle Chic

Bandung Cycle Chic

Bandung Cycle Chic

Bandung Cycle Chic

Anda yang tinggal di Bandung atau yang sedang kebetulan berada di Bandung, pernah kan melihat segerombolan wanita cantik berpakaian modis berkeliling Bandung menggunakan sepeda? Jika pernah, maka Anda telah melihat komunitas wanita cantik nan modis pecinta sepeda Bandung atau yang lebih dikenal dengan nama populernya yaitu Bandung Cycle Chic. Kota Kembang memang merupakan kota yang menyimpan sejuta keindahan dan keunikan. Tak hanya surganya belanja dan makanan, Kota Bandung pun kini telah menjadi surganya para penggemar sepeda. Telah banyak komunitas-komunitas pecinta sepeda yang didirikan di Bandung, mulai dari komunitas pecinta sepeda Fixie, sepeda ontel, hingga salah satunya ya Bandung Cycle Chic (BCC) ini.

Memang agak berbeda dari komunitas-komunitas pecinta sepeda lainnya di Bandung, para anggota Bandung Cycle Chic yang mayoritas para wanita ini tidak diwajibkan memiliki jenis atau merek sepeda tertentu. Mereka hanya diharuskan untuk berpakaian dan bergaya modis nan cantik dan boleh menggunakan sepeda apapun. Terbentuknya komunitas Bandung Cycle Chic ini berawal dari hobi seorang wanita belia bernama Gadis mengendarai sepeda, baik itu ke sekolah atau pun ke tempat-tempat lain, yang pada waktu itu kebanyakan dari teman-temannya menganggap bahwa dia adalah perempuan yang tomboy. Atas dasar pemikiran itulah, wanita yang akrab disapa Gad ini ingin membuktikan bahwa wanita bersepeda itu tidak melulu tomboy dan harus sporty. Wanita pun bisa tetap tampil modis dan cantik meski sedang mengendarai sepeda. Maka keinginan gadis cantik nan enerjik ini untuk membuktikan bahwa wanita bersepeda bisa tetap tampil feminin dan modis akhirnya dapat terwujud di tahun 2009. Pada saat itulah terbentuk komunitas Bandung Cycle Chic (BCC).

Kegiatan yang rutin dilakukan para pencinta sepeda yang cantik-cantik dan modis-modis ini adalah kumpul bareng di taman-taman kota yang terletak di sekitar Bandung. Selain itu, mereka pun sering berpiknik bersama ke berbagai tempat. Kegiatan piknik bersama tersebut disebut Sunday Smile. Salah satu kegiatan Sunday Smile yang diadakan Bandung Cycle Chic pada Februari lalu bertempat di taman kota Babakan Siliwangi. Mereka tak hanya makan dan bersepeda bersama, tetapi juga menampilkan beberapa band dan seniman Bandung. Bandung Cycle Chic bekerjasama dengan Hayu Ulin di Baksil (HUB) menarik orang sebanyak mungkin untuk bermain di Babakan Siliwangi. Konsep awal yang hanya melakukan piknik dan masak-masak, berkat dukungan dari berbagai pihak, akhirnya BCC menjadikan taman Babakan Siliwangi ini sebagai tempat rutin mereka berpiknik dan mengadakan acara-acara lainnya disini. Meski demikian, BCC tak melulu harus melakukan kegiatan-kegiatannya di taman ini. Karena Bandung memiliki sejumlah area taman kota yang dapat mendukung kegiatan-kegiatan mereka, BCC pun sering mengadakan piknik dan melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya di taman-taman kota lain di seputaran Kota Bandung.

Memang pada awalnya, terbentuknya komunitas pecinta sepeda yang memiliki base camp di CFD Dago ini adalah untuk merubah citra wanita bersepeda yang kebanyakan orang menganggap bahwa wanita bersepeda itu identik dengan tomboy, panas, keringat, dan hitam. Maka dari itu, Gadis si pendiri komunitas ini memperbolehkan siapa pun termasuk pria untuk bergabung di komunitasnya. Selain itu, tidak ada pendaftaran khusus agar bisa bergabung dengan BCC. Untuk berkegiatan bersama komunitas yang anggotanya tampil stylish dan cantik ini, kamu  hanya perlu datang ke CFD Dago setiap hari Minggu dan katakan ‘hai’ pada saat bertemu BCC, maka kamu dapat langsung berkeliling Bandung dengan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *