pisang molen

Wisata Kuliner di Kota Bandung

pisang molen

pisang molen

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kota Bandung adalah salah satu kota terbaik untuk berwisata sekaligus menghabiskan waktu liburan. Selain sebagai ibukota dan pusat kota di wilayah Jawa Barat, Bandung menyuguhkan bermacam-macam wisata yang menarik pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Hal tersebut terbukti dengan ramainya Bandung pada saat akhir pekan dan hari libur tertentu. Kota yang dikenal dengan sebutan Paris Van Java ini menawarkan wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja dan wisata kuliner. Setelah Anda puas berbelanja dan menikmati pemandangan alam, Anda dapat memilih banyak ragam kuliner baik yang khas maupun adopsi dari daerah lain.

Jika Anda berpikir bahwa wisata kuliner Bandung dibandrol dengan harga yang mahal, jelas itu tidak semuanya benar. Bandung menyediakan biaya berwisata kuliner yang bervariasi dengan kualitas rasa yang patut diacungkan jempol. Tak hanya sebatas itu, Bandung juga menyediakan oleh-oleh khas yang dapat Anda bawa pulang.

Anda pasti sudah mengenal Batagor? Makanan ini sangat khas jika Anda mengunjungi kota Bandung. Bahkan saat ini Batagor tidak hanya ada di Bandung, kota Jakarta dan sekitarnya sudah banyak gerai-gerai yang menjual Batagor. Batagor adalah kepanjangan dari Bakso Tahu Goreng, sejenis racikan bakso bersama dengan tahu lalu digoreng dan dimakan dengan sambal kacang. Biasanya ditambahkan saus dan kecap. Makanan ini terkadang disajikan bersama dengan rangkaian siomay seperti siaomay, kentang, pare isi, kol rebus, telur rebus dan sebagainya. Anda dapat menemukan pedagang Batagor ini di dalam restauran atau rumah makan dan pedagang gerobakan. Lagi-lagi harga yang ditawarkan sangat beragam. Silahkan sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Makanan ini dapat dibungkus untuk menjadi buah tangan Anda.

Batagor

Batagor

Selain Batagor, ada kuliner Bandung lain seperti cendol dan peuyuem dan surabi Bandung. Di beberapa daerah makanan ini juga menjadi makanan khas derah tak terkecuali Bandung. Akan tetapi, khusus peyuem hanya Anda dapatkan di daerah Bandung. Surabi atau biasanya disebut serabi ini menyediakan banyak rasa mulai dari yang orisinil atau rasa asli maupun kreasi aneka buah, coklat dan sebagainya. Begitu pula dengan cendol Bandung yang segar, dan manis gula asli. Makanan ini sudah tersebar di daerah hampir seluruh wilayah bandung. Sedangkan peuyueum adalah nama lain dari tape, namun peuyuem lebih padat dan memiliki tingkat kemanisan di bawah tape. Peuyuem sering sekali menjadi oleh-oleh yang tidak terlupakan setelah liburan Bandung.

Sudah pernah mencicipi nasi kalong? Makanan ini dapat Anda jadikan santap malam sebab tempat makan ini hanya buka pada pukul 19.00-03.00 sesuai dengan gaya hidup kalong (kelelawar) pada malam hari. Nasi kalong terbuat dari nasi merah yang ditambahkan kluwak sehingga warnanya menjadi hitam mirip dengan warna kalong. Uniknya nasi ini ditambahkan aneka bumbu serta kelapa parut goreng sehingga nasi terasa gurih dan lezat meskipun tidak dimakan dengan lauk apapun. Nasi ini biasanya disajikan bersama dengan aneka lauk yang tersedia secara prasmanan.

Lokasi Bandung memang sedikit lebih tinggi dari kota Jakarta sehingga tak heran banyak perkebunan menghampar di wilayah ini. Hasil olehan perkebunan inilah yang juga menjadi salah satu produk wisata kuliner Bandung seperti kopi, teh, dan strawberry. Berbagai macam olahan kopi, teh, dan starwberry dapat Anda temukan restauran atau kafe di Bandung. Dapat pula Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh selain beberapa oleh-oleh terkenal berupa kue-kue dan kudapan lainnya seperti brownies, pisang bolen, dan sebagainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *