Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung, Museum Yang Menghibur Dan Edukatif

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Apabila kita membicarakan kota Bandung sebagai kota pariwisata, tentunya mungkin akan membutuhkan waktu yang lama. Kota yang juga dikenal sebagai kota kembang ini memang sudah sejak lama dikenal sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi, baik dari lokal maupun turis asing. Jejeran toko, butik, dan shopping mall yang tersebar hampir di seluruh area di Kota Bandung ini mampu membuat Anda betah untuk tinggal berlama-lama di sini. Namun, selain memiliki banyak tempat-tempat perbelanjaan, Bandung juga memiliki tempat wisata yang selain dapat menghibur Anda, tetapi juga bersifat edukatif. Tempat yang dimaksud adalah Museum Geologi Bandung.

Museum Geologi Bandung yang berada di Jalan Dipenogoro No. 57 ini mungkin terlihat seperti perkantoran untuk aparat pemerintahan. Namun jangan salah, museum yang berada di dalam sebuah gedung besar dengan arsitektur kolonial Belanda ini memiliki banyak koleksi yang tentunya dapat membuat Anda tertarik. Museum ini pun memiliki sejarah sendiri. Museum Geologi Bandung yang awalnya bernama Geologische Dienst ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1929 oleh bangsa Belanda sebagai pusat penelitian geologis, yang kemudian direnovasi dengan bantuan dana dari JICA atau Japan International Cooperation Agency. Museum Geologi ini awalnya berfungsi sebagai laboratorium dan tempat penyimpanan hasil penyelidikan geologi dan pertambangan dari berbagai daerah di Indonesia. Kemudian, tempat ini dikembangkan menjadi tidak hanya sebagai fasilitas penelitian, tetapi juga sebagai sarana pendidikan dan penyedia berbagai informasi tentang geologi dan pariwisata. Departemen penelitian di museum ini pun masih sangat aktif dan di samping dokumentasi dan pameran, para ahli geologi yang mengkhususkan diri pada penelitian fosil-fosil, batu, mineral dan gunung berapi berada di lantai paling atas di museum ini.

Museum ini memiliki koleksi fosil dalam jumlah yang cukup besar, dimana sekitar 6000 yang dipajang dan 250.000 lainnya disimpan di tempat yang aman. Museum ini memiliki 2 lantai dan 3 area pameran. Geologi Indonesia di area sayap barat, sejarah kehidupan di area sayap timur dan geologi untuk kehidupan manusia di lantai atas. Di area sayap barat, Anda dapat menemukan berbagai macam bebatuan dan mineral yang ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, berbagai macam informasi edukatif mengenai kondisi geologis Indonesia dapat Anda temukan di sini.

Bagian yang paling menarik mungkin adalah area sayap timur, dimana evolusi kehidupan manusia dijelaskan dalam baik bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris, dengan poster yang menarik dan berbagai koleksi fosil hewan seperti kura-kura darat raksasa, kuda nil dan makhluk lain. Salah satu fosil yang paling menarik adalah replika fosil dinosaurus yang berukuran besar. Replika manusia purba yang telah ditemukan, diantaranya adalah replika tengkorak manusia purba ‘Java man’ atau ‘orang Jawa’ yang populer. Di area sayap timur ini juga memiliki area pameran khusus yang memberikan penjelasan pada pembentukan dan cara kerja gunung api yang berada di Indonesia.

Dilantai kedua, Anda dapat menemukan berbagai macam replika dari kehidupan geologis manusia seperti miniatur kapal tanker, pengeboran minyak lepas pantai, tambang batubara, dan sebagainya. Semua peralatan dan replika ini menunjukkan bukti semua kegiatan geologis yang manusia lakukan hingga sekarang.

Untuk mengunjungi museum ini, Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk karena semenjak tahun 2006 museum ini tidak membebani biaya masuk bagi para pengunjungnya. Museum ini beroperasi dari Senin hingga Kamis pukul 9:00 sampai 15:30, dan khusus Sabtu dan Minggu pada pukul 9:00 sampai 13:30. Tempat ini ditutup pada hari Jumat dan hari libur nasional.

[googlemap width=”500″ height=”300″ src=”https://maps.google.co.id/maps?q=Museum+Geologi+Bandung&hl=en&ll=-6.899976,107.620794&spn=0.002886,0.005284&sll=-6.900993,107.610354&sspn=0.010864,0.021136&t=h&hq=Museum+Geologi&hnear=Bandung,+West+Java&z=18&iwloc=A”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *