Bobotoh Persib

Bobotoh, Sahabat Setia Pencinta Persib Bandung

Bobotoh Persib

Bobotoh Persib

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat yang sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota yang terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia, menurut jumlah penduduk, setelah Jakarta dan Surabaya ini merupakan kota favorit untuk menghabiskan waktu liburan atau saat weekend. Kota Bandung yang juga disebut sebagai kota kembang ini dikenal sebagai surga belanja dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di hampir segala penjuru. Saat ini, Bandung pun berangsur-angsur menjadi kota untuk tujuan wisata kuliner.

Selain dikenal sebagai kota kembang dan kota belanja, hal yang menarik dari Kota Bandung ini adalah persatuan sepakbola-nya yang dikenal dengan nama Persib. Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung, yang lebih dikenal dengan nama Persib atau Maung Bandung yang berarti macan dari Bandung, lahir pada 1933 di Kota Bandung, dengan nama Bandoeng Inlandsche Voetball Bond atau BIVB, di tengah rasa nasionalisme untuk memerdekakan diri dari cengkraman penjajahan Belanda. Proses berdiri dan berkembangnya Persib menjadi salah satu akar dalam perjuangan rakyat Bandung dan Jawa Barat ketika masa penjajahan, sehingga sangatlah wajar jika Persib menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Kota Bandung. Rasa cinta masyarakat  masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya yang merupakan pengemar fanatik untuk Persib Bandung terbukti dengan terciptanya klub penggemar Persib yaitu Bobotoh Persib.

Bobotoh adalah nama dari pendukung klub sepak bola Persib Bandung. Nama ini berasal dari bahasa lokal bandung, bahasa Sunda, yang berarti orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain yang akan terlibat dalam suatu pertandingan atau kontes. Anggota dari Bobotoh, yang jumlahnya mungkin mencapai ratusan ribu—kalau tidak jutaan, terbagi dan diatur dalam beberapa klub penggemar Persib, dimana klub yang memiliki anggota paling banyak terbesar adalah klub Viking dan klub Bomber.

Meskipun Persib adalah klub sepak bola yang berada di Bandung, keanggotaan Bobotoh tidak hanya terbatas bagi masyarakat Kota Bandung saja. Anggota-anggota dari Bobotoh ini tersebar luas hampir di seluruh area Jabar, mulai dari Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Cirebon, Kuningan, Karawang. Ada pula beberapa anggota Bobotoh yang juga berada di luar Provinsi Jawa Barat, seperti Jakarta, Tangerang, dan Serang. Jumah anggota dari Bobotoh ini memang terbukti saat Persib akan bertanding, dimana stadion tempat diadakannya pertandingan akan selalu penuh sesak oleh para anggota Bobotoh dari berbagai daerah. Selain keanggotaan Bobotoh yang tidak memiliki batas daerah, Bobotoh pun menerima semua lapisan masyarakat yang memang menyukai dan menggemari Persib, baik laki-laki maupun perempuan, dari anak kecil hingga orang tua.

Dengan jumlah anggotanya yang begitu banyak, tentunya klub sepak bola persib tidak akan pernah kesepian apabila sedang berlaga, baik di dalam kandang maupun di luar kandang. Namun, jumlah anggota yang terlalu banyak tanpa ada manajemen yang baik dari Bobotoh, bisa saja para penggemar fanatik dari Persib ini melakukan hal-hal yang bersifat anarkis apabila tim sepak bola Persib kalah. Tentunya apabila para Bobotoh yang mencintai klub Persib Bandung ini bisa lebih mengatur diri sendiri dan dapat bersifat sportif tanpa melakukan tindakan anarkis, Bobotoh pun akan dihormati oleh klub lawan dan masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *