Batagor Bandung

Batagor Bandung

Bandung memiliki banyak hidangan lokal yang menarik dan banyak dicari baik oleh penduduk setempat, pendatang dari luar kota, dan bahkan turis mancanegara. Kuliner Bandung yang terkenal saat ini adalah batagor. Makanan khas orang Sunda ini yang saat sudah banyak dikenal orang. Batagor adalah kuliner Bandung yang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng, biasanya  terbuat dari pangsit dengan adonan tapioka yang dicampur ikan yang dimasukan ke dalam tahu yang digoreng kemudian disajikan bersama saus kacang. Adonan bakso biasanya terbuat dari daging ikan tenggiri. Kadang-kadang ada juga jenis ikan laut seperti tuna, makarel, dan bahkan udang juga dapat digunakan untuk campuran batagor. Cara penyajiannya ada yang dipotong-potong seukuran gigitan atau secara utuh dan diatasnya dibubuhi saus kacang, kecap manis, dan sedikit jeruk nipis untuk penyegar. Karena digoreng, batagor memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang nikmat.

Batagor Bandung

Batagor Bandung

Dalam upaya meminimalkan biaya, beberapa pedagang batagor menggunakan pasta ikan daripada ikan yang asli untuk meniru rasa. Namun, untuk beberapa tempat penjualan batagor yang terkenal di Bandung, mereka menggunakan ikan segar dan bahan-bahan yang berkualitas. Jenis batagor yang dikreasikan adalah siomay yang digoreng sehingga bisa disebut juga seperti batagor. Makanan ini telah menjadi sangat terkenal di Bandung, bahkan telah dikenal sebagai ikon kuliner Bandung.

Salah satu batagor yang terkenal adalah Batagor RiRi yang didirikan pada tahun 1985. Tempat mereka sering diserbu oleh pecinta batagor dari seluruh Bandung dan para pendatang dari luar kota. Tempat ini dirancang dalam gaya restoran cepat saji dengan menampilkan counter yang memiliki menu dalam gambar. Dinding-dindingnya didekorasi gambar yang ditandatangani oleh selebriti Indonesia. Batagor Riri bukan tanpa alasan menjadi tempat yang populer. Batagor RiRi menyajikan resep keluarga dengan menggunakan ikan kakap dan tahu segar. Batagor Riri dan kunci kesuksesannya terletak pada bahan yang segar dengan rasa lezat dan tekstur batagor yang renyah.

Satu lagi kuliner khas Bandung yaitu Batagor Abuy.  Batagor Abuy bukanlah batagor ala restoran. Tempatnya berada di Pujasera yang buka mulai dari 4 sore sampai 11 malam. Apabila dibandingkan dengan batagor lain yang terkenal (batagor resto/outlet), Batagor Abuy masih menjadi favorit sebagian orang, karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau.

Satu lagi tempat yang menyediakan batagor terbaik di Bandung adalah Batagor Kingsley. Tempat ini sangat sederhana, tanpa AC, dan hanya dilengkapi dengan kursi plastik sederhana. Namun, tempatnya cukup bersih dan lebih penting lagi Batagor Kingsley adalah batagor yang memiliki cita rasa yang lezat. Itulah sebabnya, terlepas dari tempat yang sederhana, Batagor Kingsley selalu ramai dengan pengunjung.

Saat ini batagor merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang biasanya dipilih sebagai buah tangan atau oleh-oleh untuk beberapa pendatang dari kota lain. Selain harganya yang terjangkau dan praktis untuk dibawa, batagor juga sangat digemari baik oleh anak-anak, remaja, dan dewasa.

Berikut ini adalah alamat beberapa tempat kuliner Bandung yang menyajikan batagor:

 

Batagor RiRi

Alamat : Jalan Burangrang No.41Bandung

Tel.022-7303-349/7321629

Cabang. Paskal Hypersquare a21Bandung

Tel.022-70303349

 

Batagor Kingsley

Alamat: Jalan Veteran No.25 Bandung

Telepon: 022 4207104

 

Batagor Abuy

Alamat: Jalan Lengkong Besar (Pujasera) Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *